Media Berkemajuan

17 April 2024, 20:38

Pembuatan KTAM Kolektif-Gratis dalam Semarak Milad Muhammadiyah Ke-111

Facebook
Twitter
LinkedIn
WhatsApp
Telegram
Print
Pembuatan KTAM Kolektif-Gratis yang diinisiasi Masjid Al-Muhajirin dan PCM Banjarmasin 13 dalam Semarak Milad Muhammadiyah Ke- 111 [Foto: mu4.co.id]

Banjarmasin, mu4.co.id – Dalam rangka Milad Muhammadiyah ke-111 tahun 2023, Masjid Muhammadiyah Al-Muhajirin Banjarmasin (M3B) bersama PCM Banjarmasin 13 menggelar Semarak Milad Muhammadiyah dengan 9 agenda kegiatan.

Agenda tersebut meliputi yaitu:

  • Pembuatan KTAM kolektif-gratis
  • Refleksi milad
  • Pembagian bingkisan milad
  • Pembagian beras gratis 2 kali (November dan Desember)
  • Donor darah ke-26
  • Pemeriksaan kesehatan
  • Khitanan massal gratis ke-20
  • Wisata dakwah, dan
  • Bakti sosial

Salah satu agenda Milad yang menarik perhatian yaitu pembuatan Kartu Tanda Anggota Muhammadiyah (KTAM) yang secara kolektif dan gratis, terutama ditujukan untuk jamaah masjid yang selama ini aktif dalam berbagai kegiatan masjid, namun masih belum memiliki KTAM.

“Respon jamaah masjid terhadap program tersebut sangat antusias, sehingga dalam waktu singkat tercatat 105 orang berminat untuk dibuatkan KTAM-nya,” jelas Dr. M. Arif Budiman, Ketua Masjid Muhammadiyah Al-Muhajirin Banjarmasin.

Selanjutnya, penyerahan 105 KTAM kepada anggota Persyarikatan Muhammadiyah di lingkungan PCM Banjarmasin 13 tersebut dilaksanakan secara simbolis sesaat sebelum acara Refleksi Milad Muhammadiyah ke-111 pada Ahad ba’da Subuh, 12 Jumadil Awal 1445 H bertepatan dengan 26 November 2023.

Baca juga: Sambut Milad ke-111, Ketum PBNU: Muhammadiyah Bangun Jejak Luar Biasa

Pada peringatan milad ini menghadirkan narasumber Prof. Dr. H. Ahmad Khairudin, M.Ag., Rektor Universitas Muhammadiyah Banjarmasin (UMB). Sebelum acara refleksi, terlebih dahulu ditayangkan profil masjid yang menampilkan beragam kegiatan ibadah, dakwah, sosial, kesehatan, pendidikan, dan ekonomi.

Dalam ceramahnya Prof. Khairudin menjelaskan bahwa rahasia Muhammadiyah dapat terus hidup dan bertahan hingga 111 tahun terutama adalah karena keikhlasan dari segenap pengurus dan anggotanya. Sementara itu, kiprah dan ikhtiar Muhammadiyah dalam menyelamatkan semesta ditunjukkan dengan kepeduliannya terhadap upaya pelestarian bumi dan para penghuninya.

Dalam hal ini, Muhammadiyah antara lain membentuk Majelis Lingkungan Hidup di semua level pimpinan dan memiliki konsep Fikih Lingkungan, Fikih Air, dan Fikih Kebencanaan sebagai panduan bagi anggotanya dalam berinteraksi dengan alam.

Baca juga: Semarak Milad Muhammadiyah Ke-111, PWPM Kalsel Adakan Turnamen Mini Soccer Part-2 Tahun 2023

Setelah acara ceramah dan diskusi selesai, dilanjutkan dengan penyerahan bingkisan milad, berupa 70 paket sembako untuk para karyawan dan relawan masjid.

Nurhidayah salah seorang relawan dapur masjid mengungkapkan rasa terima kasihnya. “Bingkisan ini sangat bermanfaat di tengah harga-harga kebutuhan rumah tangga yang tinggi saat ini,” ujarnya.

Selain itu, dalam paket sembako tersebut juga dimasukkan sejumlah barang makanan hasil produksi UMKM jamaah masjid. “Kami sangat senang krupuk haruan (ikan gabus) buatan kami dibeli oleh masjid untuk dijadikan paket sambako,” kata Abdul Halim, seorang kakek produsen krupuk yang juga menjadi relawan kotak infak masjid (MAB).

[post-views]
Selaras
error: Content is protected !!