Media Berkemajuan

16 Juli 2024, 15:01

Isu TPU Lintas Agama Ramai Diperbincangkan, Wali Kota Banjarbaru Bahas Bersama Para Ulama!

Facebook
Twitter
LinkedIn
WhatsApp
Telegram
Print
Seluruh pihak yang hadir bersalaman dan berpelukan dalam suasana yang damai [Foto: Media Center Banjarbaru]

Banjarbaru, mu4.co.id – Wali Kota Banjarbaru, H.M. Aditya Mufti Ariffin didampingi Sekretaris Daerah Banjarbaru, H. Said Abdullah melakukan silaturahmi bersama para pemuka agama, lintas agama, dan Ketua MUI Banjarbaru, di Ruang Tamu Utama Wali Kota, Senin (24/06/2024).

Kegiatan tersebut dalam rangka tabayyun yang membahas isu Tempat Pemakanan Umum (TPU) Lintas Agama yang belakang ini ramai diperbincangkan, yaitu soal tempat pemakaman umum yang berdekatan antar agama. Diketahui polemik isu tersebut mencuat setelah beredarnya video ceramah oleh ustadz Syaifuddin Anshori atau kerap disapa guru Udin menanggapi adanya TPU lintas agama itu.

Dalam forum diskusi tersebut, Aditya pun menyatakan bahwa isu-isu yang beredar tersebut ulah oknum yang tidak bertanggung jawab karena menyebarkan hanya sepenggal video dari keseluruhan isi ceramah. “Terkait video yang viral digunakan oknum-oknum tidak bertanggung jawab, ini perlu kita adakan klarifikasi, tapi ternyata alhamdulillah apa yang disampaikan oleh Guru Udin ini sesuai dengan referensi apa yang kita terima, tapi jangan sepenggal-sepenggal untuk melihat dari video tersebut,” tanggapnya.

Baca juga: 20 Ambulans Diserahkan Wali Kota Banjarbaru, Demi Peningkatan Pelayanan Puskesmas Se-Kota Banjarbaru

Lebih lanjut dirinya juga menyampaikan bahwa semua pihak memiliki paham yang sama bahwa adanya TPU tersebut ialah untuk memfasilitasi masyrakat. “Semuanya satu kata bahwa ini untuk kesejahteraan masyarakat, bahwa ini untuk memfasilitasi masyarakat, dan kita semua setuju berkaitan dengan kebijakan memfasilitasi pemakaman ini,” ucapnya.

Orang nomor 1 di Kota Banjarbaru itupun berharap dengan adanya pertemuan tersebut dapat meluruskan isu yang telah simpang siur dan membuat keadaan kembali tentram antar semua pihak. “Dengan adanya silaturahmi hari ini Kita berharap keadaan kembali normal, Kembali tentram dan membawa kebaikan antar kita semua,” harapnya.

Sementara itu, Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kota Banjarbaru, KH. Nursyaid Ramli, menjelaskan bahwa tidak ada hukum haram bagi umat muslim Ketika pemakaman berdekatan dengan pemakaman non-muslim.

“Jadi hari ini tadi diklarifikasi bahwa itu (pemakaman lintas agama) bisa saja dilakukan berdasarkan perkataan para ulama, tetapi tidak ada hukum haram yang menyatakan tidak boleh berdekatan dengan non-muslim,” jelasnya.

Diketahui sebelumnya, Pemerintah Kota Banjarbaru baru melaunching TPU Lintas Agama di Guntung Harapan, Kelurahan Guntung Manggis, Kecamatan Landasan Ulin, dengan luas sebesar 3,7 hektare, pada Rabu, 12 Juni 2024. (Media Center Banjarbaru)

[post-views]
Selaras