Media Berkemajuan

16 Juli 2024, 13:24

Inilah Waktu Paling Afdal untuk Shalat Dhuha

Facebook
Twitter
LinkedIn
WhatsApp
Telegram
Print
Ilustrasi Shalat. [Foto: pesantrennuris.net]

Banjarmasin, mu4.co.id – Shalat dhuha merupakan ibadah sunnah yang dilaksanakan di pagi hari atau sejak matahari terbit. Namun, manakah waktu yang paling afdal untuk melaksanakan shalat dhuha?

Ustaz Riza Rahman, Lc menjelaskan, “Kalau kita bicara  shalat dhuha maka hukum shalat dhuha sudah sah kalau sudah muncul matahari dan berakhir sebelum matahari tepat di atas kepala kita.”

Sementara untuk waktu yang paling utama, Rasulullah SAW menyebutkan  حين تَرْمَضُ الفِصَال atau ketika anak-anak unta yang sudah mulai kepanasan. 

Baca juga: Berapa Rakaat Shalat Dhuha yang Afdal?

Anak-anak unta mulai kepanasan sekitar pukul 10.00 Wita. Maka dari itu pada pukul 9.30-10.00  menurut mayoritas pendapat para ulama waktu tersebut merupakan waktu terbaik untuk mengerjakan shalat dhuha atau yang dikenal dengan shalat awwabin. 

Shalat awwabin merupakan shalat orang yang kembali kepada Allah. Kenapa dikatakan shalat awwabin? Karena di waktu tersebut jarang orang melakukan shalat dhuha. 

“Kemungkinan banyak orang mengerjakan shalat dhuha di jam 08.00 atau 07.30 tapi di jam-jam 10.00 atau 09.30 itu jarang.” ucap Ustaz Riza.

Baca juga: Shalat Sunnah Apa Saja yang Boleh Dikerjakan Musafir?

Ustaz Riza kembali menegaskan bahwa shalat dhuha sudah sah ketika sudah muncul matahari maka jika ada orang selesai syuruq kemudian melaksanakan shalat dhuha maka hukumnya sah dan dibolehkan.

[post-views]
Selaras