Media Berkemajuan

18 Mei 2024, 17:07

Indahnya Masjid Ramlie Musofa, Taj Mahal-nya Indonesia

Facebook
Twitter
LinkedIn
WhatsApp
Telegram
Print
Masjid Ramlie Musofa. [Foto: travel.kompas.com]

Jakarta, mu4.co.id – Mau lihat Taj Mahal tapi terlalu jauh ke India? Kini Indonesia sudah memiliki Masjid Ramlie Musofa yang dibangun dengan kesan mewah dan menawan karena berarsitektur seperti Taj Mahal di India.

Masjid Ramlie Musofa berdiri sebagai lambang cinta umat Islam kepada Allah SWT.

Masjid Ramlie Musofa berlokasi di Jalan Danau Sunter Raya, Sunter Agung, Jakarta Utara. Masjid ini bernuansa putih gading ini memiliki kubah yang menjulang tinggi seperti replika Taj Mahal di India.

Bagian luar Masjid Ramlie Musofa.

Arsitektur Masjid ini seakan-akan memadukan 4 budaya, di antaranya Arab, China, India dan nusantara. Perpaduan budaya ini mampu membuat kemegahan Masjid Ramlie Musofa semakin nyata.

Di masjid ini terdapat ukiran surat Al-Fatihah yang diukir dalam bahasa Mandarin, Arab dan Indonesia pada tangga utama yang menuju ke dalam masjid ukiran huruf Tiongkok dan Arab juga dapat ditemui di pintu masjid dan juga area shalat.

Sedangkan nuansa Indianya sendiri dapat dilihat dari bentuk jendela dan pilar yang berdiri kokoh dan dibalut warna putih seperti Taj Mahal di dalam dan luar masjid. 

Masjid Ramlie Musofa didirikan oleh Haji Ramli Rasidin, ia merupakan seorang mualaf beretnis Tionghoa. Nama masjid ini diambil dari inisial pendiri dan keluarga lainnya, yakni Ramli, istrinya Lie, dan anak-anaknya, yakni Muhammad, Sofian, dan Fabian (Ramlie Musofa).

Sumber: travel.kompas.com

[post-views]
Selaras
error: Content is protected !!