Media Berkemajuan

29 Februari 2024, 05:30

HSS Banjir, Bantuan Berdatangan

Facebook
Twitter
LinkedIn
WhatsApp
Telegram
Print
Relawan Evakuasi Lansia Terjebak Banjir, Sabtu, [24/2/2023] [Foto: kalteng.tribunnews.com]

Hulu Sungai Selatan, mu4.co.id — Sebagian wilayah di Kabupaten Hulu Sungai Selatan (HSS) dilanda banjir akibat hujan deras mulai 24 hingga 25 Februari 2023. Ratusan rumah warga terendam oleh air yang mencapai pinggang orang dewasa atau sekitar 1 meter.

“Tujuh titik lokasi yang terdampak antara lain Dusun Bukuanin Mawangi, Desa Batu Bini, Mandapai, Batu Laki, Desa Lokbinuang, Desa Lokdalam, dan Karang Jawa,” ungkap Kepala Pelaksana BPBD (Badan Penanggulangan Bencana Daerah) HSS, Kusairi, dikutip dari kalteng.tribunnews.com.

Personel BPBD bersama pihak relawan lain terus menangani dan mengevakuasi warga di daerah terdampak banjir, terutama anak-anak hingga lansia. Bantuan terus berdatangan dari berbagai arah seperti Kerukunan BPK, PMI, TNI, Tagana, Polri, dan Pemda (Pemerintah Daerah).

TNI Berikan Bantuan Untuk Warga Terdampak Banjir [Foto: twitter/@kodim1003kdg , wartabanjar.com]

Beberapa rumah warga yang rusak akibat banjir sudah diverifikasi oleh BPBD setempat, nantinya akan dikoordinasikan dengan Dinas Sosial untuk diberikan bantuan. Kusairi menambahkan bahwa untuk warga di daerah pegunungan sudah dievakuasi ke tempat yang lebih aman seperti balai desa dan rumah keluarga mereka yang terdekat.

Bantuan berupa makanan terus disalurkan kepada warga yang terdampak banjir. Kusairi juga telah berkoordinasi bersama Dinas Sosial HSS agar membuka dapur umum untuk membantu warga yang membutuhkan.

Sumber: kalteng.tribunnews.com (Sri Mariati) , kalsel.antaranews.com (Fathurrahman dan Taufik Ridwan)

[post-views]
Selaras
error: Content is protected !!