Media Berkemajuan

29 Februari 2024, 07:36

Hati-Hati Modus Penipuan Baru Berkedok Link SATUSEHAT!

Facebook
Twitter
LinkedIn
WhatsApp
Telegram
Print
Hati-Hati Penipuan Update Link SATUSEHAT [Foto: sehatnegeriku.kemkes.go.id]

Jakarta, mu4.co.id — Waspada modus penipuan baru berkedok link update aplikasi “SATUSEHAT” yang dikirim oleh nomor tidak dikenal melalui WhatsApp dan mengatasnamakan Kemenkes.

Jangan tekan sembarang link yang diberikan orang tidak dikenal. Karena jika dibuka, link tersebut tidak akan memperbarui aplikasi SATUSEHAT, melainkan mencuri data pribadi seperti password atau pin yang tersimpan di ponsel Anda.

Aplikasi SATUSEHAT akan otomatis diupdate oleh ponsel Anda, tidak melalui link yang diberikan nomor asing. Jika belum update, Anda dapat memperbarui aplikasi SATUSEHAT secara manual lewat Play Store atau App Store.

Sebagai informasi tambahan, nomor WhatsApp Kemenkes yang asli adalah 0811 10 500 567 dengan centang hijau. Berhati-hatilah dengan nomor lain tanpa centang hijau yang mengatasnamakan dirinya Kemenkes. Tak perlu panik, ingatlah untuk tidak tekan link yang diberi.

“Sebagai pencegahan, kepada seluruh masyarakat Indonesia jangan sampai membuka link mengaku SATUSEHAT dari nomor yang tidak dikenal dan tidak terverifikasi centang hijau. Sebab, secara prosedural Kementerian Kesehatan tidak pernah mengirimkan link update SATUSEHAT secara personal melalui WhatsApp,” tulis Kemenkes melalui laman resmi mereka, sehatnegeriku.kemkes.go.id.

Sumber: sehatnegeriku.kemkes.go.id

[post-views]
Selaras
error: Content is protected !!