Media Berkemajuan

24 April 2024, 16:59

Digelar Sukses! Presiden Buka Muktamar IMM XX di Palembang

Facebook
Twitter
LinkedIn
WhatsApp
Telegram
Print
Presiden Jokowi Widodo Saat Membuka Kegiatan Muktamar IMM XX di Palembang, Jumat [01/03/2024] [Foto: muhamadiyah.or.id]

Palembang, mu4.co.id – Muktamar ke-XX Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah (IMM) sukses digelar. Kegiatan tersebut dihadiri dan dibuka langsung oleh Presiden RI, Joko Widodo (Jokowi) di Palembang, Sumatera Selatan, Jumat (01/03/2024).

Kegiatan tersebut berlangsung dari Jumat-Ahad, 1-3 Maret 2024, dengan mengangkat tema yaitu, “Bersatu Menuju Indonesia Berdaulat.”

Dilansir dari tajdid.id, Presiden Jokowi mengatakan menghadiri kegiatan Muktamar IMM ke-20 tersebut karena IMM merupakan organisasi yang sangat penting. Ia mengapresiasi peran aktif seluruh kader IMM dalam menjalankan agenda kebangsaan.

“Kenapa saya capek-capek datang ke Palembang ini? Karena IMM itu adalah organisasi penting dan acara Muktamar IMM juga sangat penting. Maka, saya putuskan saya datang,” ujar Jokowi.

Baca juga: Tanwir Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah Ke-Xxxi Resmi Dibuka di Bumi Lambung Mangkurat

Dalam kegiatan tersebut, Jokowi menegaskan bahwa Indonesia harus melakukan hilirisasi apabila pertumbuhan ekonomi Indonesia ingin melompat terus lebih baik kedepannya.

Ketua Umum Dewan Pimpinan Pusat (DPP) IMM, Abdul Musawir Yahya mengapresiasi tinggi kepada kabinet pemerintahan Presiden Jokowi, terutama terkait menggenjot hilirisasi sebagai contoh nyata dari semangat berdaulat.

“Sebagai generasi intelektual muda, pembaharu juga penerus bangsa yang peka terhadap keadaan masyarakat, tema ini kami hadirkan sebagai spirit untuk terus memperkuat berkontribusi IMM bagi nusa dan bangsa,” ungkapnya di hadapan Presiden Joko Widodo beserta beberapa jajaran Menteri Kabinet Indonesia Maju yang hadir.

Hilirisasi tersebut merupakan upaya meredam ekspor bahan mentah, dan mendorong industri domestik untuk menggunakan bahan tersebut supaya meningkatkan nilai tambah domestik, sembari menciptakan lapangan kerja, atau disebut sebagai upaya membangun kedaulatan bangsa dari sektor kebijakan ekonomi.

Ketua DPP IMM, bersama Ketua PP Muhammadiyah, dan Presiden Jokowi beserta jajarannya [Foto: pedulirakyat.co.id]

Selain itu, Abdul juga menyampaikan bahwa Muktamar ke-20 IMM ini dapat menjadi momentum untuk mengingatkan kembali nilai-nilai kebangsaan yang telah ditanamkan oleh para pendahulu, serta meneguhkan tekad generasi muda untuk berkontribusi bagi kemajuan bangsa dan negara.

Sementara itu, Ketua Umum Pimpinan Pusat (PP) Muhammadiyah, Haedar Nashir menyampaikan ucapan syukur pembukaan Muktamar akhirnya terlaksana dan pertama kalinya yang dihadiri oleh Presiden RI. Ia berharap Muktamar IMM ke-20 ini bisa berjalan dengan lancar aman, damai dan menghasilkan keputusan terbaik.

[post-views]
Selaras
error: Content is protected !!