Media Berkemajuan

26 Mei 2024, 04:11

Ciptakan Generasi Qur’ani, SMK Muhammadiyah 2 Banjarmasin Laksanakan Khataman Al-Qur’an

Facebook
Twitter
LinkedIn
WhatsApp
Telegram
Print
SMK Muhammadiyah 2 Banjarmasin laksanakan khataman Al-Qur'an. [Foto: mu4.co.id]

Banjarmasin, mu4.co.id – SMK Muhammadiyah 2 Banjarmasin melaksanakan khataman Al-Qur’an pada Selasa (13/6/2023) di Ruang Induk Masjid Al Jihad Banjarmasin, pukul 08.00 WITA.

Khataman Al-Qur’an ini merupakan rangkaian dari kegiatan akhir tahun dan akhir semester. Kegiatan ini diprogramkan dari sekolah untuk meningkatkan karakter anak, sebab para siswa perlu dibekali dan mengingat kembali Al-Quran sekaligus khataman.

Kegiatan ini dimulai dengan shalat dhuha kemudian dilanjutkan dengan khataman Qur’an.

“Siswa dan siswi ini sudah menyelesaikan khatam Quran dan sudah menyelesaikan pelaksanaan penilaian akhir semester,” ungkap Fastamik Lima Yuha, Kepala SMK Muhammadiyah 2 Banjarmasin.

Adapun peserta yang mengikuti khataman Al-Qur’an berasal dari kelas X dan XI.

Pada khataman ini juga ada penampilan tahfidz dari kelas XII yakni Virgiawan Dhiwa Hafiz Waryanto dan Miftahul Ghani, mereka merupakan siswa yang mendapatkan penghargaan pada saat pengumuman kelulusan karena sudah menyelesaikan hafalan 10 juz.

Baca Juga: Virgiawan, Siswa SMK Muhammadiyah 2 Banjarmasin Penghafal Qur’an

“Harapannya bahwa SMK Muhammadiyah 2 berawal di masjid dan berakhir di masjid. Awal sebelum belajar dia sudah melaksanakan shalat dhuha di masjid kemudian di akhir dia melaksanakan shalat ashar di masjid. kedua, dengan kebiasaan mengaji yang istiqamah ini membuat kegiatan khataman yang dilaksanakan bukan hanya acara seremonial tapi anak-anak dapat merasakan manfaat dan ruhnya sehingga anak-anak senang mengaji,” ungkap Fastamik Lima Yuha, S.Ag Kepala SMK Muhammadiyah 2 Banjarmasin.

Sementara itu, Wakil Ketua Pimpinan Cabang Muhammadiyah Drs. H. Husdi Hamdi, M.M.P.d menyampaikan, “Kegiatan ini jangan cukup hari ini saja, pada tahun-tahun berikutnya mungkin dilaksanakan setiap semester ada khataman dan kegiatan semacam ini sehingga mengingatkan kembali kepada anak-anak, orang tua dan masyarakat bahwa kegiatan di SMK Muhammadiyah 2 ini memiliki kegiatan keagamaan yang lebih banyak,”

Baca Juga: Ciptakan Generasi Cinta Al-Qur’an, SMK Muhammadiyah 2 Banjarmasin Gelar Munaqosoh

Muhammad Syahbani selaku Guru Tahfidz turut senang dengan adanya kegiatan ini, ia juga berharap, “Semoga selain bisa khatam di sini, siswa juga bisa khatam bagi dirinya sendiri, bagi yang lancar mungkin 1 bulan bisa khatam sedangkan yang belum lancar biasakan mengaji paling tidak satu ayat sehari.”

Dalam kegiatan khataman Qur’an turut hadir Wakil Ketua Pimpinan Cabang Muhammadiyah 4 Banjarmasin, Kepala SMK Muhammadiyah 2 Banjarmasin, para guru dan siswa/i.

[post-views]
Selaras
error: Content is protected !!