Media Berkemajuan

29 Februari 2024, 20:47

Virgiawan, Siswa SMK Muhammadiyah 2 Banjarmasin Penghafal Qur’an

Facebook
Twitter
LinkedIn
WhatsApp
Telegram
Print
Virgiawan siswa penghafal Al-Qur'an

Virgiawan Dhiwa Hafizh Waryanto, kerap disapa Virgi. Siswa SMK Muhammadiyah 2 Banjarmasin, kelas XII Teknik Kendaraan Ringan Otomotif. Menginjak usia 17 tahun, Virgi telah menghafal 9 juz Al-Qur’an. Hal ini merupakan pencapaian yang luar biasa baik untuk dirinya maupun pihak sekolah. Di sekolah ia telah mengikuti beberapa kali munaqosoh dan mendapatkan lebih dari lima penghargaan.

Sejak umur 7 tahun Virgi mulai menghafal Al-Qur’an, sempat beberapa kali terhenti namun akhirnya ia kembali menghafal. Untuk menunjang murid yang berbakat seperti Virgi, SMK Muhammadiyah 2 Banjarmasin memfasilitasi murid dengan adanya ekstrakurikuler Tahfiz dan Virgi tergabung dalam ekskul tersebut. Rutinitas membaca Al-Qur’an setiap pagi juga dilaksanakan di sekolah.

Virgi menjelaskan motivasi terbesarnya dalam menghafal Al-Qur’an ketika diwawancari pada Senin (19/9/2022), “Motivasi saya dalam menghafal Qur’an ingin membahagiakan orang tua dan memasangkan mahkota ke orang tua saat di surga nanti. Saya juga ingin menjadi imam shalat,”

Keinginan menjadi imam shalat telah dicapainya, ia pernah menjadi imam shalat tarawih. Dirinya sangat senang dan bersyukur mendapat kesempatan menjadi imam shalat. Melihat potensi dan bakat yang dimiliki, orang tua dan pihak sekolah sangat mendukung langkah Virgi dalam menghafal Al-Qur’an.

Virgi mengatakan untuk menghafal Qur’an harus diawali dengan niat yang sungguh-sungguh karena awal utama kita ingin melakukan sesuatu semua itu pasti diniatkan karena Allah dan insya Allah, Allah akan memudahkan dalam menghafal. Ia juga menjelaskan metode menghafal Qur’an, ada beberapa metode yaitu menghafalnya perkata dan sedikit-sedikit jangan langsung banyak atau dibaca dulu beberapa kali dan didengarkan.

Sedangkan ia menggunakan metode membaca dan mendengarkan. Pertama ia akan membaca terlebih dahulu ayat Al-Qur’an sekaligus melihat tajwid dan panjang pendek bacaan. Kemudian ia akan mendengarkan rekaman ayat Al-Qur’an, setelah itu ia akan menghafal ayat-ayat tersebut.

Selain di sekolah, ia juga belajar dan menghafal Al-Qur’an di luar bersama Ustaz Agus Salim dan Ustaz Hamdhani. “Biasanya setiap malam Rabu itu setoran ke Ustaz Hamdhani dan setiap subuh setoran hafalan ke Ustaz Agus Salim. Kira-kira seminggu empat kali setorannya,” ucapnya.

Untuk menjaga hafalannya, Virgi senantiasa murajaah, karena jika tidak dilakukan maka ia akan kehilangan hafalannya. “Jadi kalau sudah selesai setoran ayat baru, tetap harus murajaah lagi. Hafalan baru memupuk hafalan yang lama,” katanya.

Selain menjadi penghafal Qur’an, kini Virgi juga aktif menjadi pengajar Al-Qur’an untuk anak-anak dan sering menjadi imam shalat.

Virgi berharap kepada teman-teman dan lainnya untuk belajar Al-Qur’an dan jangan pernah malu untuk belajar. “Mudahan kedepannya lebih baik dan untuk orang di luar sana yang, maaf, belum lancar atau belum bisa, jangan pernah malu untuk belajar. Karena tidak ada kata terlambat untuk belajar, apalagi belajar Al-Qur’an.” tutupnya.

Reporter: Alfina.

[post-views]
Selaras
error: Content is protected !!