Media Berkemajuan

20 April 2024, 11:37

Beredar Kabar Relawan Asal Indonesia, Muhammad Husein Meninggal di Gaza. Benarkah?

Facebook
Twitter
LinkedIn
WhatsApp
Telegram
Print
Muhammad Husein Gaza dikabarkan meninggal di Gaza [Foto: tribunnews.com]

Gaza, mu4.co.id – Beredar kabar yang menyebut relawan Indonesia yang berada di Gaza bernama Muhammad Husein meninggal dunia.

Husein dikabarkan meninggal pada Ahad (29/10/2023). Berdasarkan penelusuran turnbackhoax.id, narasi itu tidak benar atau hoaks. Narasi yang menyatakan berita duka soal meninggalnya Muhammad Husein ditemukan di akun Facebook.

Baca juga: Sambil Terisak, Perwakilan Palestina Ceritakan Kondisi Memilukan Gaza di Sidang PBB

Berikut narasi yang ditulis salah satu akun pada Jumat (3/11/2023): “Fatihah utk alm. Muhammad Husein yg selalu kirim berita warga Palestina di Gaza Ats kebiadaban zionis Israel…” Akun tersebut juga menyertakan tangkapan layar video yang beredar di TikTok.

Video yang beredar menyertakan rekaman suara Husain yang menyatakan siap menanggung risiko ketika berangkat ke Gaza. Berikut teks yang tertera pada video: 29/10/2023 BERITA DUKA PESAN-PESAN TERAKHIR DARI MUHAMMAD HUSEIN GAZA PALESTINA

Sebagai informasi, Muhammad Husein merupakan relawan sekaligus pendiri lembaga kemanusiaan International Networking for Humanitarian (INH).

Presiden Direktur INH Luqmanul Hakiem memastikan bahwa kabar meninggalnya Husein tidak benar. “Alhamdulillah, kami pastikan kondisi Muhammad Husein aktivis kemanusiaan yang juga founder INH yang saat ini tengah berada di wilayah konflik Jalur Gaza, Palestina dipastikan dalam kondisi aman, sehat walafiat,” kata Luqmanul Hakim, Kamis (2/11/2023), dilansir situs INH.

Baca juga: Sempat Hilang Koneksi Internet, Ini Pahlawan Internet Gaza

Husein kini berada di wilayah selatan Gaza, tepatnya di daerah Khan Younis. Ia tinggal bersama istrinya yang berkebangsaan Palestina. Husein rutin mengabarkan kondisi terkini Jalur Gaza melalui media sosialnya, termasuk YouTube.

Unggahan video di kanal YouTubenya terpantau masih aktif. Pada video yang diunggah pada Kamis (2/11/2023) Husein mengunggah video dengan judul yang menyebut bahwa dirinya masih hidup. Video klarifikasi tersebut dibuat langsung olehnya berdurasi 15 menit, saat ia dan keluarganya berada di mobil dalam perjalanan berusaha untuk evakuasi ke Perbatasan Rafah.

[post-views]
Selaras
error: Content is protected !!