Media Berkemajuan

22 Februari 2024, 08:21

Benarkah Al Rihla, Bola Resmi Piala Dunia Qatar 2022 buatan Madiun?

Facebook
Twitter
LinkedIn
WhatsApp
Telegram
Print
Al Rihla, Bola Piala Dunia. [Foto: balipuspanews.com]

Banjarmasin, mu4.co.id – Piala dunia merupakan kompetisi sepak bola internasional yang diikuti tim nasional putra senior anggota Federasi Sepak Bola Internasional atau FIFA. Ajang ini dilaksanakan pada 21 November-18 Desember 2022 di Qatar. 

Al Rihla, merupakan sebutan untuk bola pada kompetisi Piala Dunia 2022 Qatar yang artinya “perjalanan”. Menariknya, Al Rihla disebut sebagai bola Piala Dunia pertama yang dibuat secara eksklusif dengan tinta dan lem berbahan dasar air sehingga tidak terlalu berbahaya bagi lingkungan. FIFA juga menilai bahwa bola ini merupakan bola tercepat dan paling akurat sejauh ini.

Semula disebut bahwa Al Rihla diproduksi di Madiun oleh PT Global Way Indonesia asal Kabupaten Madiun, Jawa Timur, Indonesia. PT Global Way Indonesia merupakan perusahaan yang telah menjalin kerja sama dengan perusahaan dunia merek Adidas. Ini bukan hal baru bagi PT Global Way Indonesia, karena sebelumnya mereka juga telah dipercaya Adidas untuk membuat souvenir Piala Dunia 2018 di Rusia.

Pernyataan tersebut dibantah pihak Adidas karena pihaknya tidak pernah menunjuk PT Global Way Indonesia untuk memproduksi bola resmi Piala Dunia 2022. Namun, pihak Adidas menjalin kerja sama terhadap PT Global Way Indonesia hanya untuk pembuatan replika Al Rihla sebagai souvenir.

“Bola resmi di Piala Dunia merupakan buatan China dan Pakistan,” ujar Stefan, Director Media Relations Adidas dikutip dari viva.co.id.

[post-views]
Selaras
error: Content is protected !!