Media Berkemajuan

24 April 2024, 16:31

Warga Banjarmasin Diminta Waspada Cuaca Ekstrem dan Banjir Rob

Facebook
Twitter
LinkedIn
WhatsApp
Telegram
Print
Foto: inilahkalsel.com

Banjarmasin, mu4.co.id – Warga Banjarmasin dan sekitarnya diminta untuk waspada terhadap cuaca ekstrem dan banjir rob yang melanda sejak awal Desember. 

Banjir rob diterjadi karena adanya aktivitas pasang air laut yang dapat mempengaruhi dinamika pesisir di wilayah Kalimantan Selatan berupa banjir pesisir atau rob. Masyarakat pesisir diimbau agar dapat mengantisipasi dampak pasang maksimum air laut.

Pasang maksimum berpotensi terjadi di wilayah Muara Sungai Barito pada pukul 00.00-04.00 Wita dengan ketinggian maksimum mencapai 2.5-3.0 meter.

Tentunya hal ini akan berdampak pada terganggunya aktivitas sehari-hari masyarakat dan transportasi di sekitar pelabuhan dan pesisir, seperti kegiatan bongkar muat di pelabuhan, aktivitas di pemukiman pesisir, serta perikanan darat.

Dilansir dari rri.co.id Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Banjarmasin, Fahruraji mengatakan, berdasarkan rilis Bandan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG), cuaca ekstrem dan banjir rob akan mengalami puncaknya pada bulan Desember dan Januari mendatang.

“Kami juga mengimbau supaya warga berhati-hati di rumah. Berkas penting, barang berharga, dan instalasi listrik tolong ditempatkan di tempat yang lebih tinggi,” ucap Fahrurraji.

[post-views]
Selaras
error: Content is protected !!