Media Berkemajuan

25 Juni 2024, 20:55

Telah Berpulang Salim Said, Tokoh Pers Sekaligus Pengamat Militer

Facebook
Twitter
LinkedIn
WhatsApp
Telegram
Print
Prof Salim Said [Foto: SuaraPembaruan]

Jakarta, mu4.co.id – Tokoh pers terkemuka, Salim Said telah meninggal dunia pada Sabtu (18/5) pukul 19.33 WIB di Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo (RSCM), Jakarta. 

Jenazah disemayamkan di rumah duka di Jalan Redaksi Nomor 149, Jakarta Timur, dan akan dimakamkan di Tempat Pemakaman Umum (TPU) Tanah Kusir, Jakarta Selatan, pada Minggu (19/5) siang.

Salim Said, seorang tokoh Indonesia yang lahir di Parepare pada 10 November 1943, adalah seorang sejarawan, pengamat politik, pengamat militer, dan penulis terkenal. Dia juga menjabat sebagai Duta Besar RI untuk Republik Ceko dari tahun 2006 hingga 2010. Selain itu, Salim adalah seorang Guru Besar Ilmu Politik, penulis, wartawan, dan asisten sutradara.

Karya-karya tulisannya meliputi buku-buku seperti “Militer Indonesia dan Politik: Dulu, Kini, dan Kelak” dan “Profil Dunia Film Indonesia,” serta tulisan-tulisan mengenai sastra yang dimuat di berbagai jurnal dan majalah seperti Mimbar Indonesia, Bahasa dan Budaya, Horison, dan Budaya Jaya. Ketertarikannya pada dunia film tercermin dalam buku-bukunya seperti Profil Dunia Perfilman Indonesia (1982).

Baca Juga: Menlu Retno Terima Penghargaan dari Persatuan Wartawan Indonesia!

Salim Said sempat menempuh pendidikan pada Jurusan Psikologi di Universitas Indonesia, tetapi kemudian beralih ke Jurusan Sosiologi di universitas yang sama, lulus pada tahun 1976. 

Dia melanjutkan pendidikannya di Ohio, Amerika Serikat, di mana dia meraih tiga gelar sekaligus: magister Hubungan Internasional, Ilmu Politik, dan Doktor Ilmu Politik. Setelah itu, Salim membangun karirnya di bidang jurnalistik, termasuk sebagai redaktur Pelopor Baru dan Angkatan Bersenjata, serta redaktur majalah Tempo dari tahun 1971 hingga 1987.

Selain itu, dia juga mengajar di Sekolah Ilmu Sosial dan menjadi anggota Dewan Film Nasional.

Menjadi anggota dari Dewan Film Nasional dan Dewan Kesenian Jakarta, Salim sering terlibat dalam diskusi mengenai film, sejarah, sosial, dan politik Indonesia di tingkat nasional maupun internasional.

“Sosok intelektual budayawan yg tajam dan berpengetahuan luas. Selamat jalan Excellency Bang Salim,” tulis Fadli Zon selaku anggota DPR di akun Instagramnya yang mengunggah foto kunjungan terakhir Salim Said ke Fadli Zon Library pada tahun 2023, dikutip dari SindoNews, Ahad (19/5).

Sumber: SindoNews

[post-views]
Selaras
error: Content is protected !!