Media Berkemajuan

13 April 2024, 10:20

Menlu Retno Terima Penghargaan dari Persatuan Wartawan Indonesia!

Facebook
Twitter
LinkedIn
WhatsApp
Telegram
Print
Menteri Luar Negeri Retno Marsudi. [Foto: Akun X @Menlu_RI]

Jakarta, mu4.co.id – Menteri Luar Negeri Retno Marsudi dianugerahi Medali Emas Kemerdekaan Pers oleh Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) sebagai penghargaan atas kontribusinya dalam diplomasi Indonesia. 

Penghargaan tersebut diberikan dalam acara peringatan Hari Pers Nasional di Jakarta pada Selasa (20/2/2024), yang turut dihadiri oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi). Retno diakui atas kepemimpinannya di Kementerian Luar Negeri dalam mendorong peningkatan kualitas jurnalisme Indonesia, termasuk melalui penyelenggaraan Adam Malik Awards (AMA).

Ketua Umum PWI, Hendri CH Bangun, mengatakan bahwa Retno telah menjadi Srikandi Diplomasi Indonesia dengan membawa martabat diplomasi Indonesia ke tingkat global. Prestasi Retno termasuk suksesnya Indonesia dalam memimpin Presidensi G20 tahun 2022, kepemimpinan ASEAN tahun 2023, dan perhatiannya terhadap isu Palestina.

Baca Juga: Temui UNHCR, Menlu RI Bahas Isu Pengungsi Rohingya

“Penghargaan diberikan kepada Menlu Retno atas kontribusi besar sebagai Srikandi Diplomasi Indonesia,” ucapnya melalui keterangan tertulis dilansir dari detiknews, Rabu (21/2).

Wakil Menteri Luar Negeri, Pahala Nugraha Mansury, mewakili Retno Marsudi dalam menerima medali emas kemerdekaan pers. Saat itu, Retno sedang dalam perjalanan dari Doha menuju Rio De Janeiro, Brasil, untuk menghadiri pertemuan para Menteri Luar Negeri G20. Sebelumnya, dia menghadiri pertemuan dengan Sekjen PBB untuk membahas situasi di Afghanistan. Retno menyampaikan penghargaan dan apresiasi atas penghargaan tersebut.

Baca Juga: RI Tuntut Israel ke Pengadilan Internasional, Menlu: Perlu Adanya Gencatan Senjata Permanen

Retno menyampaikan penghargaan ini sebagai bentuk penghormatan kepada semua anggota tim Kementerian Luar Negeri. Selain itu, Medali Emas Kemerdekaan Pers sebelumnya telah diberikan kepada beberapa tokoh nasional seperti Susilo Bambang Yudhoyono, mantan panglima TNI Djoko Santoso, dan Ketua BNPB, Letnan Dony Monardo.

Adam Malik Awards (AMA) merupakan upaya Kementerian Luar Negeri untuk mengakui kualitas jurnalisme dalam konteks politik luar negeri. Penilaian untuk AMA dilakukan secara independen oleh para profesional dalam bidangnya. Penghargaan ini diselenggarakan setiap tahun.

Sumber: detiknews

[post-views]
Selaras
error: Content is protected !!