Media Berkemajuan

28 Februari 2024, 03:43

SMP Muhammadiyah 3 Banjarmasin Laksanakan Rihlah dan Tadabbur Alam

Facebook
Twitter
LinkedIn
WhatsApp
Telegram
Print
Murid SMPM 3 Banjarmasin yang mengikuti rihlah dan tadabbur alam. (Foto: mu4.co.id)

Banjarmasin, mu4.co.id – SMP Muhammadiyah 3 Banjarmasin melaksanakan rihlah dan tadabbur alam pada Rabu (9/11/2022) di Museum Lambung Mangkurat dan Pantai Batakan Baru.

Rizal selaku ketua panitia kegiatan mengungkapkan, kegiatan ini selaras dengan tujuan kurikulum cempaka, “Kegiatan rihlah dan tadabbur alam merupakan suatu perjalanan. Jadi tujuan perjalanan ini untuk memandirikan anak-anak agar bisa akil baligh, cerdas, dan dewasa. Sebagaimana tujuan dari kurikulum Cempaka, ABCD (Akil Baligh, Cerdas, dan Dewasa).”

Museum Lambung Mangkurat dipilih menjadi tujuan perjalanan dikarenakan agar para murid dapat mengenal akan sejarah, ditambah zaman sekarang banyak anak-anak yang lupa dengan sejarah. Berkunjung ke museum merupakan salah satu cara untuk mengingatkan kembali sejarah dan perjuangan-perjuangan para pahlawan.

168 murid mengikuti kegiatan ini, didampingi 18 guru dan karyawan SMP Muhammadiyah 3 Banjarmasin. Sebanyak 6 bus akan membawa mereka untuk rihlah dan tadabbur alam.

Setiap murid membayar sebesar Rp150.000 dan mendapat fasilitas berupa makanan, snack, bus ber-AC, perjalanan menuju museum dan pantai.

Para murid sangat gembira dan bersemangat mengikuti rihlah dan tadabbur alam. Nadifa siswi kelas 8 Putri mengungkapkan, “Ini pertama kalinya saya ikut kegiatan rihlah dan tadabbur alam ke museum dan pantai. Saya excited banget mengikuti kegiatan ini. Hari ini juga sudah bawa persiapan seperti mukena, baju ganti, payung kalau nanti kepanasan, dan nggak lupa bawa bekal.”

Dengan diadakannya rihlah dan tadabbur alam diharapkan para murid semakin meningkatkan rasa syukur atas nikmat dan anugerah Allah Swt.

[post-views]
Selaras
error: Content is protected !!