Media Berkemajuan

20 Mei 2024, 01:56

SMK Muhammadiyah 2 Banjarmasin Laksanakan Fortasi 3 Hari

Facebook
Twitter
LinkedIn
WhatsApp
Telegram
Print
Sosialisasi Bahaya Narkoba dari BNN Kota Banjarmasin [Foto: Mu4.co.id/Maulidya Firyanda Sulaiman]

Banjarmasin, mu4.co.id — SMK Muhammadiyah 2 Banjarmasin laksanakan Forum Taaruf Siswa (Fortasi) tahun ajaran 2023-2024 selama 3 hari dari tanggal 12-14 Juli 2023 di Aula SD Muhammadiyah 8 & 10. Fortasi ini bertujuan untuk mengenalkan lingkungan sekolah kepada siswa baru.

Baca Juga: Hebatnya 5 Siswa SMKM 2 Banjarmasin, Belum Pengumuman Lulus, Langsung Direkrut Training Kerja!

Fortasi dimulai pukul 07.30 hingga bakda zuhur. Selama tiga hari itu, siswa-siswi selalu dibimbing untuk salat dhuha berjamaah, mengaji bersama, hingga ditutup dengan salat zuhur di Masjid Al-Jihad Banjarmasin.

Suasana Fortasi SMK Muhammadiyah 2 Banjarmasin [Foto: Mu4.co.id/Maulidya]

Ketua Panitia Pelaksana Fortasi, Alfiannoor Sungkono menyebutkan ada 147 orang yang mengikuti kegiatan tersebut pada Kamis, (13/7/2023). “Berdasar data yang diupdate tadi malam –karena loket pendaftaran masih kami buka, jumlah siswa yang diterima dan mengikuti Fortasi sekitar 147 orang dari 5 jurusan di sekolah ini,” ungkapnya.

Hari pertama Fortasi, siswa-siswi diperkenalkan dengan kebiasaan SMK Muhammadiyah 2 Banjarmasin sebelum memulai kegiatan belajar, yakni salat dhuha berjamaah dan mengaji bersama. Setelah itu ada sosialisasi tentang tata tertib, aturan sekolah, kurikulum, dan prakerin oleh narasumber dari pihak sekolah.

Bersamaan dengan itu, siswa-siswi baru diminta menggunakan seragam SMP/MTsnya masing-masing dikarenakan ada seremoni pelepasan atribut sekolah lama sebagai tanda bahwa mereka sudah berpindah ke jenjang selanjutnya.

Baca Juga: Ciptakan Generasi Qur’ani, SMK Muhammadiyah 2 Banjarmasin Laksanakan Khataman Al-Qur’an

Pada hari kedua kegiatan Fortasi diisi oleh narasumber dari luar, yakni Satlantas Polresta Banjarmasin, Instruktur Trio Motor Honda, dan BNN (Badan Narkotika Nasional) Kota Banjarmasin.

Hari ketiga, ada narasumber dari IPM (Ikatan Pelajar Muhammadiyah) Daerah, PT. Upaya Teknik, kemudian dilanjutkan dengan Koramil yang akan memberikan materi wawasan kebangsaaan.

Terakhir sebagai penutup, akan digelar seremonial penempelan lambang SMK Muhammadiyah 2 Banjarmasin pada seragam putih abu-abu sebagai tanda bahwa siswa-siswi yang mengikuti Fortasi sudah resmikan menjadi murid SMK.

“Besok ada seremonial penutupan yang dipimpin oleh Kepala Sekolah. Kegiatannya penempelan lambang SMK kita sebagai tanda bahwa siswa yang telah mengikuti Fortasi menjadi siswa SMK Muhammadiyah 2 Banjarmasin,” jelas Arifin.

Khusus murid yang baru mendaftar dan tidak sempat mengikuti kegiatan Fortasi, pihak sekolah sudah memberikan solusinya, yaitu dengan cara berkenalan secara online lewat video yang dibagikan ke grup agar para siswa-siswi tetap bisa saling mengenal.

[post-views]
Selaras
error: Content is protected !!