Media Berkemajuan

24 April 2024, 18:26

SM Tower & Convention Berau Diresmikan. Langkah Strategis Muhammadiyah di Sektor Ekonomi

Facebook
Twitter
LinkedIn
WhatsApp
Telegram
Print
SM Tower & Convention Berau
SM Tower & Convention Berau diresmikan pada Kamis [7/3/2024] [Foto: suaramuhammadiyah]

Berau, mu4.co.id – Suara Muhammadiyah (SM) Tower and Convention Berau diresmikan oleh Ketua Umum Pimpinan Pusat Muhammadiyah Haedar Nashir dalam acara Grand Opening yang berlangsung pada Kamis, 7 Maret 2024.

Haedar berharap SM Tower adalah sebuah langkah strategis Muhammadiyah dalam mengembangkan amal usaha baru di luar bidang pendidikan, kesehatan, dan sosial yang selama ini telah menjadi wajah pengabdian Muhammadiyah kepada masyarakat, bangsa, hingga kemanusiaan universal. 

Di sektor pendidikan tinggi, Muhammadiyah setidaknya telah memiliki 172 universitas yang tersebar di berbagai daerah dan provinsi di Indonesia. Meski secara kuantitas bisa dikatakan besar, Profesor Sosiologi UMY tersebut mendorong seluruh amal usaha bidang pendidikan dapat dikelola dengan semangat fastabiqul khairat. Sehingga apa yang menjadi tujuan dari Muhammadiyah berupa ‘unggul dan berkemajuan’ dapat terealisasikan. Begitu pula di sektor lain seperti kesehatan dan sosial.

Baca juga: SM Segera Buka Tower & Convention ke-2 di Berau

Di bidang ekonomi, Haedar mengatakan, Muhammadiyah mesti menggarap sektor tersebut secara massif, tersistem, dan konsisten. Menurutnya hal ini sejalan dengan apa yang telah dilakukan Suara Muhammadiyah (SM) dalam membuka berbagai unit bisnis, salah satunya SM Tower and Convention.

“Upaya-upaya semacam ini dapat memberikan dampak pada langkah akselerasi Persyarikatan untuk naik ke kelas yang lebih tinggi di sektor ekonomi dan bisnis,” tegasnya.

Ketua Umum PP Muhammadiyah Haedar Nashir meresmikan SM Tower & Convention Berau, Kamis (7/3) [Foto: muhammadiyah.or.id]

Dikutip dari laman Suara Muhammadiyah, Direktur Utama PT Syarikat Cahaya Media atau Suara Muhammadiyah, Deni Asy’ari, MA., Dt Marajo mengatakan bahwa secara fisik SM Tower and Convention bukan sekedar penginapan, tapi juga merupakan wujud kemandirian Muhammadiyah dalam segala aspek. Hal ini dibuktikan dengan kerja keras dan kerja kolektif semua pihak. Mulai dari proses perizinan, pembangunan, dan manajemen dijalankan secara mandiri, tanpa ketergantungan pada pinjaman bank.

Baca juga: Visi SM Tower and Convention Akan Dibangun di Beberapa Daerah Potensial

“Alhamdulillah kini sudah ada 2 SM Tower di Indonesia, Insya Allah akan terus tumbuh dan berdiri SM Tower lainya di berbagai daerah,” ungkap Deni Asy’ari.

SM Tower Berau awalnya adalah hotel yang dimiliki oleh pihak lain. Namun, pada Agustus 2023, Universitas Muhammadiyah Berau membeli seluruh aset hotel tersebut. Setelah akuisisi, hotel tersebut diubah nama menjadi SM Tower Berau dan bekerjasama dalam pengelolaan dengan SM Tower and Convention Yogyakarta.

Grand Opening SM Tower & Convention Berau dihadiri jajaran pimpinan pusat Muhammadiyah [Foto: suaramuhammadiyah]

SM Tower Berau memiliki 8 lantai dengan jumlah kamar sebanyak 112. Konsep budaya menjadi brand SM Tower & Convention di Berau. Selain konsep budaya, SM Tower Berau memiliki berbagai fasilitas yang bisa dimikmati oleh para pengunjung. Diantaranya, Cafe Soewaramoe, Minimarket, ruang pertemuan, Pusat kebugaran/ Gym, Swimming Pool dan lain sebagainya.

Tersedia 96 room dengan 12 Suite, 28 Deluxe, dan 56 Standar. Sedang Ballroom terdiri dari: meeting room Walidah menampung 25 orang, meeting room Darwis menampung 50 orang, dan Convention Hall SM Tower menampung 1000 orang. Area parkirnya pun luas. Menampung 50 mobil, 500 sepeda motor.

Bersamaan dengan peresmian ini dilakukan pula peletakan batu pertama untuk pembangunan Masjid SM Tower Berau langsung oleh Ketua Umum PP Muhammadiyah Prof Dr Haedar Nashir.

Takmir Masjid Al Jihad Banjarmasin dan segenap Amal Usahanya turut mengirimkan Ucapan Selamat dan Sukses atas diresmikannya SM Tower & Convention Berau, Kamis (7/3) [Foto: mu4.co.id]
[post-views]
Selaras
error: Content is protected !!