Media Berkemajuan

26 Mei 2024, 03:55

Siswi MTsN 1 Pontianak Sabet Juara di MTQ Qatar 2023

Facebook
Twitter
LinkedIn
WhatsApp
Telegram
Print
Raya Salsabila juara 4 di ajang MTQ Qatar 2023. [Foto: kalbar.antaranews.com]

Pontianak, mu4.co.id – Raya Salsabila (13) siswi MTsN 1 Pontianak raih juara 4 di ajang Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) Tijan Annur Qatar 2023.

Raya sangat bersyukur karena ia mencapai di posisi empat besar dari 16 peserta yang diundang ke Qatar.

Raya Salsabila, pelajar kelas 8 ini anak dari pasangan M. Juanda dan Yayanti Benu merupakan satu dari empat orang Indonesia yang mengikuti ajang tahunan tersebut.

Raya menceritakan, sekitar seribu peserta dari 50 negara mengikuti MTQ Qatar 2023. Ia juga mengatakan ada qari dan qariah berusia 7 hingga 13 tahun yang mengikuti ajang tersebut.

Ia juga menjelaskan, untuk mengikuti ajang ini ia mengirim video MTQ berdurasi lima menit.

Kemudian ia mendapat kabar lolos dan dihubungi untuk berangkat ke Qatar.

Yayanti Benu mengatakan bahwa bakat anaknya dalam membaca Al-Quran sudah terlihat sejak usia satu tahun.

Raya mulanya bernyanyi dengan suara merdu, kemudian Yayanti mengarahkan untuk membaca Al-Quran. Ternyata Raya berbakat dalam membaca Al-Quran dan terus terasah dan dibimbing salah satu qariah internasional asal Pontianak.

“Sejak kelas 2 SD mulai intens dikenalkan baca Al-Quran. Kelas 3 SD, tilawah dibimbing dari beberapa gurunya seperti Dahlia Ahmad qariah internasional asal Pontianak,” katanya.

Sebelumnya, Raya sering menjuarai ajang MTQ di Pontianak. Tahun 2021, Raya mewakili Kalimantan Barat dalam MTQ XXIX di Banjarmasin, bahkan di tahun 2022 dia mendapatkan juara pertama cabang tartil di Inggris.

Erin Zelia Nawawi dari Sumatera Utara meraih peringkat pertama di Ajang MTQ Qatar 2023. Peringkat kedua Shihab dari Mesir, peringkat ketiga Zamzam Ardabili dari Serang, dan keempat Raya dari Pontianak.

Raya dan kontestan lainnya yang berasal dari Indonesia sebelum kembali ke Tanah Air di jamu Duta besar RI untuk Qatar, Ridwan Hassan dan ulama besar Qatar yang juga ahli hadist nomor satu di dunia Abu Ishaq Al-Huwainy.

Sumber: kalbar.kemenag.go.id

[post-views]
Selaras
error: Content is protected !!