Media Berkemajuan

13 April 2024, 10:55

Sering di Jumpai Saat Ramadhan, dr Zaidul Akbar Sarankan Rendam Buah Ini Untuk Manfaat Kesehatan!

Facebook
Twitter
LinkedIn
WhatsApp
Telegram
Print
https://mu4.co.id/sebelum-mudik-ini-hal-yang-wajib-dilakukan/

Banjarmasin, mu4.co.id – Dr. Zaidul Akbar, seorang ahli kesehatan dan pendakwah, merekomendasikan agar setiap Muslim merendam buah-buahan yang umumnya dikonsumsi selama bulan puasa.

Dr. Zaidul Akbar menjelaskan bahwa buah-buahan yang umumnya dikonsumsi selama bulan puasa memiliki manfaat kesehatan yang signifikan. Menurutnya, rendaman buah-buahan ini mengandung asam amino yang luar biasa dan dapat membantu menyembuhkan berbagai penyakit.

Buah yang dimaksud adalah kurma, yang seringkali dikonsumsi selama bulan puasa karena rasanya yang manis.

Ia menganjurkan merendam kurma karena memiliki banyak manfaat kesehatan. Minuman hasil rendaman kurma dikenal sebagai air Nabeez.

Air Nabeez [Foto: Watyutink]

Minuman favorit Nabi ini dikenal sebagai jurus sehat Rasulullah. Memiliki komponen serupa dengan infused water tetapi menggunakan kurma sebagai buahnya. Rasulullah rutin mengonsumsi minuman Nabeez di pagi hari.

Air Nabeez memiliki banyak manfaat untuk kesehatan, termasuk membantu mengatasi masalah pencernaan yang dapat menyebabkan perenggangan pada usus, yang pada akhirnya dapat menjadi penyebab penyakit autoimun dan degeneratif.

“Sains menjelaskan orang-orang yang memiliki masalah pencernaan salah satu bagian-bagian jonjot-jonjot ususnya itu merenggang,” ucap Dr. Zaidul dikutip dari SerambiNews, Selasa (2/4).

Baca Juga: Ini Dia Daftar Terbaru Kurma Produk Israel. Simak Cara Membedakannya!

“Apalagi kurma ini mengandung asam amino, ketika Anda cemplungin (dijadikan air rendaman kurma) dia akan menjadi obat banyak hal,” imbuh ahli kesehatan lulusan Universitas Diponegoro ini.

Menurut penulis buku “Jurus Sehat Rasulullah” ini, air Nabeez atau infused water ini disebutnya sebagai minuman asam amino. Hal ini karena air Nabeez mengandung banyak asam amino yang bermanfaat bagi tubuh, terutama untuk enzim di dalam tubuh.

“Air Nabeez itu boleh saya katakan asam amino, sebenarnya karena kurma mengandung asam amino dan enzimnya badan kita bahan bakunya adalah asam amino,” ungkap dr Zaidul Akbar.

Bahan yang diperlukan untuk membuat Air Nabeez yaitu 5-7 buah kurma (dalam jumlah ganjil seperti yang disunnahkan).

Berikut ini cara membuat air Mabeez, yakni:

  1. Pisahkan kurma dengan bijinya.
  2. Tekan kurma agar sedikit lunak.
  3. Masukkan kurma dalam gelas yang berisi air.
  4. Tutup rapat dan diamkan selama minimal 8 jam.
  5. Simpan dalam suhu ruangan atau dalam kulkas.

Sebelum diminum, disarankan untuk diaduk agar kurma yang sudah melunak bisa tercampur rata dengan air.

Sumber: SerambiNews, fimela.com

[post-views]
Selaras
error: Content is protected !!