Media Berkemajuan

26 Februari 2024, 02:51

SD di Sidoarjo Izinkan Siswa Tidur Siang di Sekolah, Ini Alasannya!

Facebook
Twitter
LinkedIn
WhatsApp
Telegram
Print
Potret Anak-anak tidur siang di SD Muhammadiyah IV di Sidoarjo, Jawa Timur [Foto: mili.id]

Sidoarjo, mu4.co.id – Sekolah kerap kali menjadi tempat di mana anak-anak merasa terbebani dan merasa jenuh oleh tugas-tugas yang tidak berujung, kegiatan ekstrakurikuler, tingkat stres, dan faktor sosial di sekolah, serta yang lainnya.

Karenanya waktu istirahat anak-anak menjadi terkuras. Nah, baru-baru ini ramai di media sosial yang memperbincangkan terkait sekolah yang menerapkan jam tidur siang di sekolah.

Diketahui sekolah yang menerapkan hal tersebut yaitu sekolah dasar (SD) Muhammadiyah IV di Sidoarjo, Jawa Timur. Guru SD Muhammadiyah IV, Kiki Arya Wijaya mengatakan, “Baru di tahun ajaran ini menerapkan pelajaran tidur siang. Sebelumnya kami sering melihat siswa kelelahan dan meminta untuk pulang,” Selasa (03/10/2023).

Baca juga: Upaya Peningkatan Kualitas Pendidikan, SD Muhammadiyah 8 & 10 Banjarmasin Laksanakan ANBK

Penerapan tidur siang tersebut diketahui bertujuan agar para siswa dapat lebih berkonsentrasi dan fokus dalam menangkap pelajaran hingga sore hari atau biasa disebut Full Day School.

Para siswa diwajibkan untuk tidur siang selama satu jam dari pukul 13.00-14.00 WIB, yang dijaga oleh guru yang bertugas. Selain itu, sekolah tersebut juga tidak memberikan pekerjaan rumah (PR) kepada siswanya, karena Full Day School yang membuat para siswanya mengerjakan seluruh tugasnya di sekolah sehingga tidak menjadi beban ketika mereka pulang.

Lantas, bagaimana pandangan dokter tentang fenomena ini?

Dokter spesialis anak dari Rumah Sakit Universitas Sebelas Maret (RS UNS) Aisya Fikritama menjelaskan bahwa tidur siang selama satu jam merupakan waktu yang ideal bagi anak. “Lama tidur siang yang ideal yaitu selama 1-1,5 jam, sementara untuk waktunya antara pukul 13.00 hingga pukul 15.00, ” ucap Aisya.

Baca juga: Upaya Peningkatan Kualitas Pendidikan, SD Muhammadiyah 8 & 10 Banjarmasin Laksanakan ANBK

Selain itu, Aisya juga menambahkan berbagai manfaat tidur siang bagi anak-anak akan berguna dalam proses belajarnya, diantaranya yaitu, memperkuat ingatan, membantu perkembangan otak, mengembalikan energi, mengontrol berat badan, menjaga mood, dan meningkatkan kualitas tidur malam.

“Saat tidur, otak akan beristirahat. Inilah yang membuat otak anak tumbuh dan berkembang secara optimal,” kata dia.

Lalu bagaimana cara untuk bisa mengajak anak agar mau untuk tidur siang?

Berikut beberapa tipsnya agar anak lebih mudah untuk melakukan tidur siang diantaranya yaitu:

  • Jangan batasi anak untuk aktif di pagi hari Waktu pagi hari, karena pagi hari merupakan waktu yang tepat untuk anak beraktivitas, dan setelah beraktivitas tersebut, anak tersebut akan menjadi lebih lelah dan mudah tertidur di siang harinya.
  • Ajak anak untuk tidur setelah makan siang, karena anak-anak akan merasa ngantuk setelah makan siang.
  • Buat suasana yang nyaman, ketika anak merasa nyaman saat berada di dalam ruangan maka akan membuat mereka lebih cepat untuk tertidur. Ciptakanlah suasana yang nyaman dan kondusif.
  • Pastikan anak memiliki jam tidur yang sama setiap harinya, dengan membiasakan untuk tidur siang, anak akan terbiasa untuk disiplin terhadap waktu.

Sumber: kompas.com

[post-views]
Selaras
error: Content is protected !!