Media Berkemajuan

22 Juli 2024, 16:32

Saraba UMKM Sebagai Langkah Kendalikan Inflasi di Banjarbaru

Facebook
Twitter
LinkedIn
WhatsApp
Telegram
Print
Wali Kota Banjarbaru, Aditya Mufti Ariffin berkunjung ke salah satu stan. [Foto: Media Center Kota Banjarbaru]

Banjarbaru, mu4.co.id – Pemerintah Kota Banjarbaru melalui Dinas Koperasi, Usaha Kecil Menengah dan Tenaga Kerja menggelar Pasar Rakyat dan Bazar (Saraba) UMKM yang dibuka Wali Kota Banjarbaru HM Aditya Mufti Ariffin, Kamis (13/4).

Tujuan diadakannya Saraba yakni untuk mengendalikan inflasi di wilayah Kota Banjarbaru yang merupakan imbas dari bulan puasa dan menjelang Hari Raya Idul Fitri 1444 Hijriah.

Kegiatan tersebut digelar selama 2 hari yakni 13-14 April 2023 di halaman Dinas Koperasi, Usaha Kecil Menengah dan Tenaga Kerja Kota Banjarbaru.

Wali Kota Banjarbaru menyampaikan, bahwa kegiatan ini merupakan sebagai upaya nyata dalam penanganan inflasi daerah. 

Kegiatan ini juga diharapkan dapat mendukung para pelaku UMKM di Kota Banjarbaru.

Dalam kegiatan ini turut hadir seluruh pelaku UMKM Kota Banjarbaru yang menjajakan produk-produk unggulan dari 5 Kecamatan di Kota Banjarbaru.

Lebih lanjut, Saraba UMKM dilaksanakan sebagai upaya untuk meningkatkan usaha mikro di Kota Banjarbaru agar lebih produktif, efisien dan kompetitif dalam memasarkan dan membranding produk-produknya ke masyarakat.

Bersamaan dengan kegiatan Saraba UMKM, juga dilaunching program GO UMKM dan SAKU UMKM. 

Program GO (Gratis Ongkos Kirim) UMKM merupakan layanan pendistribusian produk UMKM yang dibeli secara daring. Sedangkan program SAKU (Subsidi Bunga KUR) UMKM merupakan program bantuan modal dengan jasa bank 0% dan tanpa jaminan apapun.

“Mudah – mudahan apa yang kita kerjakan hari ini, program – program yang dilaunching bisa bermanfaat para pelaku UMKM yang ujungnya dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat di Kota Banjarbaru,” ujar Aditya.

Tak sampai disitu, dalam rangka meningkatkan usaha mikro di Kota Banjarbaru, Dinas Koperasi, Usaha Kecil Menengah dan Tenaga Kerja Kota Banjarbaru setiap hari Ahad di Lapangan Murjani mengundang juga UMKM untuk memasarkan produknya.

Pada kesempatan ini juga diserahkan secara simbolis sebagai bentuk dukungan kepada UMKM di Kota Banjarbaru yakni kompor induksi, sertifikat merek, sertifikat halal, penerima program GO UMKM, penerima program SAKU UMKM ke beberapa UMKM di wilayah Kota Banjarbaru yang terpilih.

Usai membuka acara secara simbolis dengan pemotongan pita, Wali Kota Banjarbaru juga berkeliling ke Pasar Rakyat dan Bazar UMKM dan tak lupa membeli berbagai jenis produk UMKM.

Sumber: mediacenter.banjarbarukota.go.id

[post-views]
Selaras