Media Berkemajuan

13 April 2024, 11:09

Saat Negara Lain Berhenti Dukung UNRWA, Spanyol Malah Berikan Bantuan 3 Kali Lipat

Facebook
Twitter
LinkedIn
WhatsApp
Telegram
Print
FILE PHOTO: Spanish Foreign Minister Jose Manuel Albares attends a news conference following his meeting with Greek Foreign Minister Nikos Dendias (not pictured) at the Ministry of Foreign Affairs in Athens, Greece December 14, 2021. REUTERS/Costas Baltas

Madrid, mu4.co.id – Menteri Luar Negeri (menlu) Spanyol, Jose Manuel Albares menyatakan tidak akan menghentikan bantuan dana ke badan PBB untuk Pengungsi Palestina (UNRWA), karena sebagai bentuk dukungan Palestina.

Mereka bahkan menggandakan tiga kali lipat bantuannya yaitu menjadi 50 juta euro (Rp852 miliar), ditengah banyaknya negara lain yang menghentikan danai UNRWA serta penyelidikan internal terkait staf-nya dalam serangan Hamas ke Israel 7 Oktober lalu.

Diketahui sekitar 11 negara yang telah menghentikan pendanaan. Namun, negara kecil di Barat seperti Irlandia dan Norwegia menentang pemotongan dana tersebut.

Baca juga: 11 Negara Berhenti Danai Badan Pengungsi PBB Untuk Palestina

Dikutip dari Anadolu Agency, pada Rapat Komisi Parlemen Spanyol, Senin (29/01/2024), Alabares mengatakan lembaga bantuan utama di Gaza ini sangat diperlukan.

Menurutnya pendanaan tersebut dapat membantu meringankan situasi kemanusiaan buruk di Gaza, mengelola penampungan lebih dari 1 juta orang dan menyediakan makanan serta layanan kesehatan.

Mantan duta besar Spanyol untuk Prancis itu mengatakan politikus di Spanyol mendukung putusan PBB di pengadilan internasional yang menyerukan Israel menghindari genosida. “Kami meminta gencatan senjata sesegera mungkin, dan masuknya bantuan kemanusiaan,” ucap Albares .

Sumber: kompas.tv

[post-views]
Selaras
error: Content is protected !!