Media Berkemajuan

20 Mei 2024, 01:06

RS UNIMUS Diresmikan. Haedar Nashir: Peran Muhammadiyah Membangun Kesehatan Bangsa

Facebook
Twitter
LinkedIn
WhatsApp
Telegram
Print
RS Unimus di Kedungmundu Raya No. 214 Semarang [Foto: rsunimus.com]

Semarang, mu4.co.id – Ketua Umum Pimpinan Pusat (PP) Muhammadiyah, Haedar Nashir apresiasi atas grand opening Rumah Sakit Universitas Muhammadiyah Semarang (RS UNIMUS) pada Sabtu (6/1/2024) di Kota Semarang.

Haedar menyebut, momen ini merupakan lompatan dinamis yang dilakukan oleh UNIMUS. Dengan lompatan tersebut, menjadikan UNIMUS sebagai Perguruan Tinggi Muhammadiyah-’Aisyiyah (PTMA) yang naik kelas dengan cepat, unggul, dan berkemajuan.

“Dengan peresmian rumah sakit ini tentu Muhammadiyah makin berperan untuk membangun kesehatan bangsa, dan ini menjadi rumah sakit Muhammadiyah-’Aisyiyah yang ke 123,” kata Haedar.

Baca juga: RS Sarkies ‘Aisyiyah Kudus Diresmikan. Rumah Sakit Modern dan Terlengkap di Indonesia

Posisinya yang melekat dengan PTMA, RS UNIMUS diyakini Haedar akan berkembang dengan baik. Sebab segala sesuatunya akan dibina dengan baik, dan memiliki sistem bagus sebagaimana tradisi sistem yang ada di perguruan tinggi.

Melalui penambahan jumlah rumah sakit milik Muhammadiyah yang saat ini berjumlah 123 ini, kata Haedar, menguatkan peran Muhammadiyah dalam membangun bangsa. Selain melalui pendidikan, ekonomi, sosial, budaya, dan dakwah.

Ketua PP Muhammadiyah, Prof Haedar Nashir meresmikan RS Unimus, Sabtu (6/1) [Foto: kemdikbud.go.id]

“Sehingga selain cerah keberagamaan, dan menampilkan keberagamaan yang berkarakter – berakhlak mulia, etika publik yang berbasis agama, nilai luhur bangsa, dan Pancasila, bersamaan kita juga ingin membangun bangsa ini secara utuh,” kata Haedar.

Baca juga: RS PKU Muhammadiyah Wonosobo Raih Juara 1 Leadership and Management pada Persi Award 2023

Membangun Indonesia secara utuh menjadi agenda besar yang digerakan oleh Muhammadiyah. Sebab dalam pandangan Muhammadiyah, bangsa yang maju tidak sekadar fisik dan ragatnya saja, melainkan juga jiwa dan ruhnya. Sehingga bangsa yang maju ini tidak keropos – tidak rapuh.

Dilansir dari laman resmi muhammadiyah.or.id, dengan dibukanya RS UNIMUS, Persyarikatan Muhammadiyah kini telah memiliki 123 rumah sakit, dengan 20 lebih rumah sakit lain di seluruh Indonesia masih dalam tahap pembangunan dan akan segera diresmikan.

Rumah sakit ini berdiri di atas lahan seluar 2,4 hektar. RS UNIMUS ini mengusung jargon ‘A Hospital for Everyone’.

Baca juga: Setalah Groundbreaking Pembangunan Universitas, PCM Cileungsi Siap Dirikan Rumah Sakit

Rektor UNIMUS, Prof. Masrukhi menjelaskan, RS UNIMUS ini memiliki tiga layanan unggulan yaitu uronefrologi, layanan bedah terpadu dengan 11 ruang operasi dengan dokter spesialis, dan layanan wellnes and beauty.

RS UNIMUS ini melengkapi pelayanan kesehatan yang dimiliki oleh UNIMUS yaitu RS Gigi dan Mulut Pendidikan UNIMUS, dan Klinik Rawat Inap Pratama UNIMUS yang ketiga pelayanan kesehatan ini memberikan pelayanan pasien BPJS.

[post-views]
Selaras
error: Content is protected !!