Media Berkemajuan

25 Mei 2024, 06:50

Puluhan Siswa SDN di Banjarmasin Terpapar Scabies, Apa itu Scabies?

Facebook
Twitter
LinkedIn
WhatsApp
Telegram
Print
Siswa SDN Alalak 3 Banjarmasin memeperlihatkan scabies yang menyebar di jari-jari tangan. [Foto: radarbanjarmasin.com]

Banjarmasin, mu4.co.id – Puluhan Siswa SDN Alalak 3 Banjarmasin dilaporkan menderita penyakit scabies. Bahkan masyarakat sekitar  dilaporkan juga turut terpapar. 

Menanggapi hal tersebut, pihak sekolah akhirnya memberikan pembelajaran jarak jauh (PJJ) untuk mencegah penularan pada siswa lainnya. 

“Mereka diminta di rumah saja mengikuti pembelajaran melalui online,” ujar Kepala Dinas Pendidikan Kota Banjarmasin Nuryadi, Sabtu (19/11/2022) dikutip dari kalsel.inews.id

Scabies sendiri merupakan suatu kondisi yang mengakibatkan rasa gatal pada kulit karena adanya tungau yang menggali ke dalam kulit. Rasa gatal pada kulit akan semakin meningkat ketika malam hari.

Penyakit scabies mudah menular baik melalui kontak langsung atau tidak langsung melalui pakaian, handuk, dan tempat tidur yang dipakai bersama. 

Sehingga pencegahan yang dapat dilakukan adalah menerapkan kebersihan lingkungan maupun kebersihan diri sendiri. Sedangkan pengobatannya dapat dilakukan dengan menghilangkan tungau pada kulit terlebih dahulu. Dapat dilakukan dengan cara menggunakan krim atau lotion selama 8 jam pertama. Namun, lebih baiknya jika merasa gatal tak kunjung mereda segera ke puskesmas terdekat untuk tindakan lebih lanjut.

[post-views]
Selaras
error: Content is protected !!