Media Berkemajuan

22 Juli 2024, 17:01

Prof Haedar Nashir Resmikan Smamda Tower, Gedung Canggih Serbaotomatis Dilengkapi Alarm Bencana

Facebook
Twitter
LinkedIn
WhatsApp
Telegram
Print
Smamda Tower di Jl. Pucang Adi Surabaya (PWMU.CO)

Surabaya, mu4.co.id – SMA Muhammadiyah 2 Surabaya (Smamda) kini miliki gedung baru multifungsi yang diberi nama Smamda Tower. Gedung setinggi 9 lantai itu diresmikan secara langsung oleh Ketua Umum PP Muhammadiyah Prof Dr Haedar Nashir MSi pada Selasa pagi (25/10/2022).

Smamda Tower merupakan gedung sekolah canggih yang serbaotomatis dan dilengkapi alarm bencana. Bila terjadi bencana seperti kebakaran hingga gempa, alarm otomatis berbunyi setiap lantai di seluruh gedung untuk memberi peringatan agar segera evakuasi.

Smamda Tower berdiri di lahan seluas 2.500 meter persegi dengan 9 lantai. Terdiri atas Lantai 1: parkir. Lantai 2: Perpustakaan, Kolam Renang, Gym, dan Kafe. Lantai 3: beberapa ruang kelas, di tengah ada kolam ikan. Lantai 4-5: kelas, ruang guru, ruang kepala sekolah, lab bahasa, lab kimia, lab biologi, dan ruang konseling.

Selanjutnya lantai 6: Ruang Serbaguna kapasitas 1.500 orang. Lantai 7: Balkon kapasitas 500 orang. Lantai 8: Sport Center atau gedung olahraga untuk basket, futsal, dan bulu tangkis. Lantai 9: Balkon penonton sport center.

“Ada ruang ganti dan ruang bilas di area kolam renang dan sport center. Setiap ruang kelas terdapat layar TV flat 70 in untuk pembelajaran virtual,” kata Kepala Smamda Surabaya H Astajab SPd MM.

Gedung dilengkapi teknologi canggih serbaotomatis. Misalnya penjernih otomatis untuk kolam renang. Sirkulasi air otomatis untuk kolam ikan. Lift tidak berfungsi jika tidak ada beban minimal. Juga tata lampu sesuai sensor cahaya dan air mancur berdurasi hingga sistem hydran mengantisipasi kebakaran.

Prof. Haedar Nashir resmikan gedung Smamda Tower pada Selasa pagi (25/10/2022)

Smamda Tower dibangun selama 15 bulan sejak Juli 2021 menelan biaya hampir 50 M. “Ini merupakan salah satu kado istimewa untuk Muktamar Ke-48 Muhammadiyah  yang akan dilaksanakan pada 19-20 November 2022 di Surakarta/Solo, Jawa Tengah. Tema utama Muktamar Muhammadiyah yakni Memajukan Indonesia, Mencerahkan Semesta,” ujarnya.

Luncurkan Produk Sekolah

Selain peresmian gedung baru Smamda Tower, dalam kesempatan yang sama juga diresmikan The Launching of Smamda Innovation Products. Antara lain: air mineral dalam kemasan bermerek “Smamda Surabaya”,  tari Ikon Smamda “Suryaning Raga”, Aplikasi “app.smamda.net”, Tas batik Smamda, Ikasmamda Business Community, dan Smamda Pyschology Corner.

Humas Smamda Suabaya Tanti Puspitorini memberikan penjelasan beberapa produk yang dilaunching tersebut. Di antaranya, tas batik Smamda. Totebag khas Smamda dibuat dengan teknik batik lukis berkonsep tentang nilai nilai sejarah,  pelestarian, serta pengembangan budaya lokal sebagai identitas nasional yang berkemajuan.

Lalu, Batik Totebag Smamda Heritage 1. ”Melukiskan tokoh pergerakan Muhammadiyah. Pada edisi pertama ini menghadirkan KH Mas Mansyur sebagai salah satu tokoh pergerakan awal Muhammadiyah di Surabaya dengan latar belakang logo Muhammadiyah dan gedung kantor Pimpinan Wilayah Muhammadiyah di Surabaya. Kehadiran KH Masmansyur dalam ilustrasi batik Smamda edisi pertama ini dapat mengingatkan kita kembali meneladani kegigihan dan semangat KH Mas Mansyur dalam pergerakan awal Muhammadiyah di Kota Surabaya,” terangnya.

Sementara itu, Batik Totebag Smamda Heritage 2 melukiskan tentang tempat dan bangunan cagar budaya yang bernilai sejarah di Kota Surabaya. Pada edisi pertama ini menampilkan sudut bersejarah hotel Orange atau Yamato saat ini disebut Hotel Majapahit. Gedung Kesenian Balai Pemuda, Monumen Bambu Runcing, Masjid Agung dan tampak juga kehadiran gedung Smamda lama atau saat ini disebut kampus A. 

Kemudian, Smamda Surabaya Demineral Water. Smamda Surabaya Demineral Water merupakan salah satu produk Smamda Business Center berupa air minum dalam kemasan (AMDK).  Adapun Smamda Psychology Corner adalah sebuah program inisiasi dari Komite Smamda 2021-2025 yang membantu mensupport kegiatan bimbingan konseling di sekolah.

“Program yang diselenggarakan melalui kerjasama dengan Fakultas Psikologi Universitas Airlangga ini bertujuan memberikan layanan psikologis bagi anak dan orangtua. Kegiatan layanan konsultasi psikologis ini akan dibantu oleh psikolog dan dosen, serta melibatkan mahasiswa MagisterProfesi Psikologi Unair. Program ini juga akan mencakup pelatihan peer counsellor bagi siswa-siswi Smamda, untuk semakin mensupport layanan psikologis bagi siswa,” paparnya.

(KlikMu.co)

[post-views]
Selaras