Media Berkemajuan

14 Juni 2024, 10:06

Presiden Turki Apresiasi Bantuan Indonesia yang Paling Pertama di ASEAN

Facebook
Twitter
LinkedIn
WhatsApp
Telegram
Print
Presiden Turkiye Recep Tayyip Erdogan [Foto: Anadolu Agency , aa.com.tr]

Jakarta, mu4.co.id – Presiden Turki, Recep Tayyip Erdogan menyampaikan ucapan terimakasih dan apresiasi kepada Rakyat dan Pemerintah Indonesia atas bantuan yang diberikan untuk penanganan pascagempa di Turki. Pernyataan tersebut disampaikan langsung oleh Erdogan ketika menelepon Presiden Joko Widodo (Jokowi).

“Presiden Erdogan menyampaikan ucapan terima kasih dan apresiasi kepada seluruh Rakyat Indonesia dan juga Pemerintah Indonesia yang telah memberikan bantuan yang diperlukan untuk penanganan pascagempa di Turkiye,” kata Menteri Luar Negeri, Retno Marsudi di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Jumat (17/2/2023), dilansir dari nasional.kompas.com.

Retno juga mengatakan bahwa Rumah Sakit Lapangan (Field Hospital) Indonesia sudah mulai beroperasi. Rumah Sakit tersebut bertempat di Distrik Hassa, Hatay, Turki. Di sana didirikan tenda beserta instalasi medis lainnya untuk menangani dan menampung para korban pascagempa.

Satuan tugas [Satgas] Dukungan Kesehatan [Dukkes] TNI yang tergabung dalam Emergency Medical Team Indonesia mendirikan Indonesian Field Hospital EMT level II atau Rumah Sakit Lapangan level II bagi korban bencana gempa bumi [Foto: Dok. Puspen TNI/Kompas.com]

“Jadi bantuan Indonesia termasuk yang paling pertama masuk di antara negara-negara ASEAN dan kita juga membantu evakuasi beberapa warga negara dari ASEAN. dan saya mendapatkan update dari waktu ke waktu dari duta besar kita, field hospital kita sudah mulai beroperasi dan helikopter kita disiagakan untuk membantu angkutan mengangkut logistik,” terang Retno.

Pemerintah Indonesia pun berencana kembali memberangkatkan bantuan ke Turki dan Suriah. “Kita sedang lihat nanti pada akhirnya jumlahnya seperti apa, bentuknya seperti apa, dan tanggal untuk pengirimannya akhirnya pada tanggal berapa,” papar Retno.

Sumber: kompas.com (Ardito Ramadhan/Diamanty Meiliana) , news.detik.com (Kanavino Ahmad Rizqo)

[post-views]
Selaras
error: Content is protected !!