Media Berkemajuan

18 Mei 2024, 19:12

PPIH Arab Saudi: Bus Shalawat Siap 24 Jam Antar Jemaah Haji Indonesia Tunaikan Ibadah

Facebook
Twitter
LinkedIn
WhatsApp
Telegram
Print
Potret Bus Shalawat [Foto: disway.id]

Mekkah, mu4.co.id — Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Arab Saudi telah menyediakan bus shalawat untuk mengantar jemaah dari hotel di Makkah menuju Masjidil Haram, pergi-pulang. Layanan tersebut beroperasi selama 24 jam secara shuttle agar memudahkan jemaah menjalankan ibadah.

Kepala Seksi Layanan Kedatangan dan Kepulangan, PPIH Daker Mekkah, Edayanti Dasril memaparkan ada lima rute bus shalawat di Mekkah sesuai wilayah hotel jemaah dengan tiga terminal, yakni: Syib Amir, Bab Ali, dan Jiad.

Baca Juga: Hotel Jemaah Haji Indonesia Tersebar Dalam 5 Kawasan, di Mana Saja?

Rute pertama, Mahbas Jin – Bab Ali. Rute ini merupakan rute bersama. Setiap negara yang jemaahnya melalui rute ini harus menyiapkan bus. Bus yang melalui jalur ini, bisa digunakan seluruh jemaah haji dari berbagai negara.

Peta Wilayan Bus Shalawat [Foto: Kemenag.go.id]

“Kedua, rute Syisyah – Syib Amir. Ketiga, rute Raudhah – Syib Amir. Keempat, rute Jarwal – Syib Amir. Kelima, rute Misfalah – Jiad,” ungkap Edayanti, dilansir dari kemenag.go.id.

Baca Juga: Jangan Merokok di Tanah Suci Kalau Tidak Mau di Denda Segini!

Agar memudahkan jemaah dalam menentukan rute yang tepat, setiap bus ditempeli stiker dengan desain dan warna yang berbeda-beda. Adapun stiker tersebut termuat informasi rute, nomor rute, dan warna rute.

Kode Rute Bus Shalawat [Foto: Kemenag.go.id]

“Format stiker ini dibuat untuk memudahkan jemaah. Jika ada jemaah yang tidak bisa membaca tulisan rute, bisa mengingat nomor atau warna,” tambah Edayanti.

Bus shalawat yang tahun ini melayani jemaah di Mekkah berwarna hijau dan kuning. “Jadi, para jemaah harus mengenali bus shalawatnya dengan baik.”

Sumber: Kemenag.go.id

[post-views]
Selaras
error: Content is protected !!