Media Berkemajuan

24 Februari 2024, 20:54

Ponpes Gontor Tetapkan Idulfitri 1 Syawal 1444 H pada Jumat 21 April

Facebook
Twitter
LinkedIn
WhatsApp
Telegram
Print
Suasana pelaksanaan Salat Idulfitri di Ponpes Gontor [Foto: cnnindonesia.com]

Ponorogo, mu4.co.id – Pondok Pesantren Gontor di Ponorogo, Jawa Timur telah menetapkan 1 Syawal 1444 Hijriah atau Hari Raya Idulfiri 1444 H jatuh pada Jumat (21/4).
Dengan demikian, segenap jemaah di pesantren itu akan mengikuti salat idulfitri pada Jumat pagi.

Juru bicara Pondok Pesantren Modern Darussalam Gontor, Ponorogo, Jawa Timur, Noor Syahid menjelaskan alasan pihaknya menetapkan 1 Syawal atau Hari Raya Idulfitri 1444 H, pada Jumat (21/4).
Syahid mengatakan pertimbangannya adalah Pesantren Gontor dan para pimpinannya telah meyakini bahwa Idulfitri akan jatuh pada hari Jum’at.

“InsyaAllah, iya benar. Pertimbangannya, keyakinan bahwa besok sudah Idulfitri,” kata Syahid saat dikonfirmasi Kamis (20/4).

Ketentuan Gontor ini, kata dia, juga tidak mengecilkan argumen antara dua organisasi Islam, yakni Nahdlatul Ulama dan Muhammadiyah, yang berbeda pandangan tentang penentuan Idulfitri.

“Tidak mengecilkan, merendahkan, menyepelekan dua perbedaan tanggal oleh dua ormas yang sama-sama fanatik, ta’assub,” ucapnya.

“Meskipun sama dengan salah satu pendapat, bukan berarti mendukung, tetapi ikhlas keluar dari perbedaan, alkhuruuj minal khilaf,” ujarnya.

Pesantren Gontor, kata dia, memiliki keyakinannya sendiri dalam menetapkan akhir Ramadan dan awal Syawal. Mereka menuruti apa fatwa para kiai.

“InsyaAllah betul, dan dalam penetapannya kami ikut dawuh kiai atau pimpinan,” kata salah satu pengasuh Pondok Pesantren Gontor, Riza Azhari. [cnnindonesia.com]

[post-views]
Selaras
error: Content is protected !!