Media Berkemajuan

24 April 2024, 17:26

Penemuan Ladang Emas di Makkah, Bakal Jadi Pusat Penemuan Emas Dunia!

Facebook
Twitter
LinkedIn
WhatsApp
Telegram
Print
Perusahaan tambang Arab Saudi temukan ladang emas di Makkah [Foto: asiatoday.id]

Riyadh, mu4.co.id – Baru-baru ini Arab Saudi mengumumkan bahwa mereka telah menemukan ladang emas di area tambang Mansourah Massarah (tambang emas terbaru, terbesar dan tercanggih secara teknologi di Arab Saudi), Kamis (28/12/2023).

Penemuan tersebut merupakan penemuan pertama di bawah program eksplorasi ekstensif yang diluncurkan pada tahun 2022. Perusahaan Pertambangan Arab Saudi tersebut yaitu Maaden, menyebut bahwa penemuan tersebut menunjukkan potensi untuk memperluas penambangan logam mulia di Al Khurmah.

Diketahui, penemuan baru tersebut memiliki karakteristik geologi dan kimia yang serupa dengan deposit Mansourah Massarah, di mana terdapat cadangan emas yang diketahui hampir 7 juta ons pada akhir tahun 2023 dan kapasitas produksi sebesar 250.000 ons per tahun.

Baca juga: Temuan Baru Tambang Lithium Terbesar di Dunia, Hasilkan 120 Juta Ton Lithium

Chief Executive Officer Maaden, Robert Wilt, menyebut bahwa penemuan tersebut memiliki potensi untuk menjadi pusat penemuan emas dunia dan merupakan bagian dari strategi pertumbuhan perusahaan.

Ia mengatakan, “Penemuan ini menjadi bukti potensi sumber daya mineral yang belum dimanfaatkan di Arab Saudi dan menjadikan pertambangan sebagai pilar ketiga perekonomian Saudi.”

“Sebanyak 67 % saham Maaden dimiliki oleh Dana Investasi Publik (PIF), dana kekayaan pemerintah dan perusahaan pertambangan terbesar di kawasan Teluk,” tambahnya.

Sumber: sindonews.com

[post-views]
Selaras
error: Content is protected !!