Media Berkemajuan

26 Februari 2024, 04:51

Muhammadiyah dan NU Raih Penghargaan Internasional, Presiden RI Berikan Apresiasi!

Facebook
Twitter
LinkedIn
WhatsApp
Telegram
Print
Penerimaan penghargaan Zayed Award 2024 [Foto: X @ZayedAward]

Abu Dhabi, mu4.co.id – Nahdlatul Ulama (NU) dan Muhammadiyah menyabet penghargaan kemanusiaan dunia Zayed Award for Human Fraternity 2024 dan diapresiasi oleh Presiden RI Joko Widodo dan Wakil Presiden RI Ma’ruf Amin.

Saat upacara penganugerahan Zayed Award di Founders Memorial, Abu Dhabi, Uni Emirat Arab pada Senin (5/2), Presiden RI menyatakan bahwa menurutnya penghargaan ini merupakan yang pertama kali diterima di Asia.

“Saya ingin menyampaikan terima kasih tulus. Organisasi ulama Islam terkemuka, Muhammadiyah dan NU memberikan kebanggaan kepada kami, bukan hanya keluarga besar NU dan Muhammadiyah, tapi seluruh rakyat Indonesia. Apalagi pertama kali diberikan kepada kawasan Asia. Sangat membanggakan bagi seluruh rakyat Indonesia,” ucap Presiden Joko Widodo, dikutip dari laman Wapres RI, Rabu (7/2).

Wakil Presiden K.H. Ma’ruf Amin turut berhadir dan menyaksikan saat penerimaan penghargaan. Saat penyerahan penghargaan, NU diwakili oleh Ketua Umum Pengurus Besar Nahdlatul Ulama Yahya Cholil Staquf, dan Muhammadiyah diwakili oleh Ketua Umum yaitu Haedar Nashir.

“NU dan Muhammadiyah harus terus berperan, selain peran yang sifatnya lokal, nasional, kemudian peran globalnya harus terus dilakukan,” ungkap Wakil Presiden.

Baca Juga: Muhammadiyah Raih Penghargaan Kemanusiaan Zayed Award 2024

Zayed Award merupakan penghargaan tahunan yang pertama kali diselenggarakan pada tahun 2019. Penghargaan ini diakui secara internasional untuk pencapaian dalam aksi kemanusiaan dan perdamaian. Pada penghargaan tahun ini, Presiden ke-5 Indonesia dan Ketua Umum PDIP yaitu Megawati Soekarnoputri terpilih sebagai anggota komite juri Zayed Award Human Fraternity 2024.

Zayed Award for Human Fraternity tahun 2024 memberikan penghargaan kepada NU, Muhammadiyah, Sir Magdi Yacoub (ahli bedah jantung asal mesir), dan pemimpin rakyat kecil dari Chili yaitu Sister Nelly Leon Correa. Para penerima penghargaan akan diberikan hadiah sejumlah 1 juta dollar Amerika Serikat atau senilai 15,6 miliar dari Higher Committee of Human Fraternity.

Sumber: detikhikmah, Wakil Presiden Republik Indonesia

[post-views]
Selaras
error: Content is protected !!