Media Berkemajuan

20 Mei 2024, 01:21

Menlu Retno Keluar Ruangan Saat Dubes Israel Pidato di PBB

Facebook
Twitter
LinkedIn
WhatsApp
Telegram
Print
Menlu Retno Walk Out Saat Dubes Israel Pidato di PBB [Foto: inilah.com]

New York, mu4.co.id – Menteri Luar Negeri RI Retno Marsudi dan sejumlah diplomat lainnya meninggalkan rapat (walkout) ketika Duta Besar Israel untuk Amerika Serikat dan PBB, Gilad Erdan, berpidato di debat terbuka Dewan Keamanan PBB, New York, Selasa (23/01/2024).

“Menlu Retno dan ketua delegasi sejumlah negara lainnya keluar dari ruangan saat watap (wakil tetap) Israel menyampaikan statement-nya,” kata juru bicara Kementerian Luar Negeri Lalu Muhamad Iqbal, Kamis (25/01/2024).

Baca juga: Negara yang Tuntut Israel ke Mahkamah Internasional Kian Bertambah

Dalam pidatonya, Retno menegaskan Indonesia menentang keras pernyataan terbaru PM Israel Benjamin Netanyahu yang secara terang-terangan menolak pendirian negara Palestina. Ia juga mendesak Dewan Keamanan PBB bertindak untuk menghentikan kekerasan di Gaza, Palestina.

Menteri Luar Negeri RI Retno Marsudi [Foto: detik.com]

“Di dalam pernyataan di Dewan Keamanan (DK) PBB tadi, saya ingatkan bahwa Dewan Keamanan PBB memiliki mandat untuk memelihara perdamaian dan keamanan internasional dan bukan untuk menoleransi perang, apalagi genosida,” ujar Retno.

Selain itu, Menlu juga mendesak adanya gencatan senjata permanen. Menurutnya, gencatan senjata permanen akan membuat proses solusi dua negara berjalan dan dapat mengatasi situasi kemanusiaan di Gaza.

“Pentingnya terciptanya gencatan senjata segera dan permanen. Ini akan menjadi game changer untuk segala hal,” kata Retno.

Sumber: detik.com

[post-views]
Selaras
error: Content is protected !!