Media Berkemajuan

20 Mei 2024, 02:42

Menhub Apresiasi Pesawat N219 dan Mobil Terbang Buatan PT DI. Begini Penampakannya!

Facebook
Twitter
LinkedIn
WhatsApp
Telegram
Print
Menhub Apresiasi Pesawat N219 dan Mobil Terbang Buatan PT DI [Foto: dephub.go.id]

Singapura, mu4.co.id – Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi mengapresiasi dua produk PT Dirgantara Indonesia (PT DI),  yakni Pesawat N219 dan Mobil Terbang, di stan pameran dalam Singapore Airshow 2024 di Singapura, Selasa (20/02/2024).

“Saya mengapresiasi PT DI yang telah melanjutkan pengembangan pesawat N219 versi dasar menjadi versi amphibious pada awal tahun ini. Terlebih lagi, pesawat tersebut konten lokalnya sudah hampir 45 persen,” ujarnya, dilansir dari dephub.go.id Rabu (22/02/2024).

Menhub mengatakan Pesawat N219 dapat mendukung pembangunan konektivitas dan aksesibilitas di daerah 3TP (Tertinggal, Terpencil, Terluar, dan Perbatasan), dengan kemampuan short take off landing di landasan yang panjangnya kurang dari 800 meter dan tidak beraspal.

Baca juga: Indonesia Tuai Pujian, Jadi Satu-satunya yang Mampu Buat Kapal Perang di ASEAN

Adapun terkait pemanfaatannya, ia mengatakan dapat digunakan untuk berbagai kebutuhan, mulai dari mengangkut penumpang, logistik, evakuasi medis, hingga dokter terbang.

Budi berharap produksi pesawat tipe ini terus ditingkatkan, sehingga memberikan dampak pertumbuhan terhadap ekosistem industri dalam negeri, termasuk industri daerah, salah satunya dalam hal pengoperasian maupun kegiatan pemeliharaan pesawat.

Selain itu, Mobil terbang juga dikembangkan oleh PT DI bersama dengan perusahaan swasta Vela Aero, yang kini tengah mengajukan uji laik terbang ke Direktorat Kelaikudaraan & Pengoperasian Pesawat Udara (DKPPU) Kementerian Perhubungan.

“Semoga proses pengajuan uji laik terbang untuk Vela Alpha dapat berjalan dengan lancar,” pungkasnya.

Penampakan Mobil Terbang Vela Alpha [Foto: cnbcindonesia.com]
[post-views]
Selaras
error: Content is protected !!