Media Berkemajuan

25 Mei 2024, 07:40

Lazismu Al-Jihad Gandeng PCM Banjarmasin 4 Agendakan Bersih-bersih Lingkungan Masjid & Sekolah dalam Program Back to Masjid

Facebook
Twitter
LinkedIn
WhatsApp
Telegram
Print
Kegiatan bersih-bersih Masjid [Foto: mu4.co.id]

Banjarmasin, mu4.co.id – Kegiatan bersih-bersih di lingkungan Masjid dan Sekolah di lingkup Pimpinan Muhammadiyah Cabang (PCM) Banjarmasin 4 berawal dari kesadaran bersama, bahwasanya menjaga kebersihan masjid itu sangatlah penting. Karena masjid sendiri merupakan sebuah tempat yang diperlukan kaum muslimin untuk melaksanakan ibadahnya, maka tentu kebersihan tersebut sangat diperlukan.

Oleh karena itu lah LazisMu Al-Jihad bersama PCM Banjarmasin 4 mengadakan kegiatan bersih-bersih ini yang juga termasuk dalam program LazisMu sendiri yaitu Program Back to Masjid. Dimana program tersebut merupakan kegiatan berupa pembersihan, renovasi ringan, atau lainnya terhadap masjid-masjid atau musala yang ada di kota Banjarmasin.

Baaca juga: Lazismu Al Jihad Salurkan Tempat Sampah Untuk 20 Masjid/Musala Banjarmasin

Kegiatan ini dilaksanakan dalam 2 hari yaitu pada hari Jumat hingga Sabtu, 10-11 November 2023, yang dimulai dari pukul 08.00 hingga pukul 10.00 Wita, dengan membersihkan area masjid dan sekolah dalam lingkup PCM Banjarmasin 4.

Membersihkan area dalam Masjid Al-Jihad [Foto: mu4.co.id]

Pelaksanaan Kegiatan bersih-bersih ini dilaksanakan oleh keluarga besar PCM Banjarmasin 4 diantaranya yaitu, para siswa-siswi SD, SMP, dan SMK, serta para Organisasi Otonom (Ortom) PCM Banjarmasin 4, seperti Ikatan Pelajar Muhammadiyah (IPM), Pemuda Muhammadiyah, Nasyiatul ‘Aisyiyah (NA), dan Angkatan Muda Masjid Al-Jihad (AMMA) berserta para petugas kebersihan di masjid.

Kegiatan bersih-bersih yang dilaksanakan di hari kemaren, Jumat (10/11/2023) melibatkan para siswa dan siswi, lalu kemudian dilanjutkan oleh semua ortom pada hari ini, Sabtu (11/11/2023).

Baca juga: PCM Banjarmasin 4 Agendakan Bersih-bersih Lingkungan Masjid & Sekolah, Demi Tumbuhkan Rasa Cinta dan Peduli Lingkungan

NA bantu merapikan mukena [Foto: mu4.co.id]

Adapun untuk tempat yang dibersihkan di lingkungan Masjid pada hari ini yaitu dari lantai 1 sampai 3. Selain lingkungan masjid, lingkungan sekolah pun juga turut dibersihkan, mulai dari SD Muhammadiyah 8 & 10 Banjarmasin, SMP Muhammadiyah 3 Banjarmasin dan SMK Muhammadiyah 2 Banjarmasin.

Kepala Kantor Layanan Lazismu Al Jihad Banjarmasin Muhammad Ikbal mengatakan, “Kita saling bekerjasama dalam membersihkan Amal Usaha Muhammadiyah (AUM) di ranah PCM Banjarmasin 4,” Sabtu (11/11/2023).

“Tujuan lain dari kegiatan ini adalah ingin menciptakan keindahan maupun kenyamanan bagi tamu-tamu Allah SWT yang ingin beribadah di masjid ini, begitu juga untuk kenyamanan siswa-siswi dalam belajar,” tambah Ikbal.

Dengan kegiatan ini juga harapannya bukan hanya untuk ruang lingkup PCM Banjarmasin 4 sendiri, melainkan juga mengajak semua pengurus masjid dan pengurus sekolah untuk melek akan kebersihan. Karena berawal dari kebersihan lah kenyamanan dan keindahan itu akan tercipta, sehingga ketika akan melakukan aktivitas akan merasa tenang, tentram dan tidak ada pikiran pusing karena melihat sampah berserakan dan debu-debu berterbangan misalnya.

“Dan semoga dengan adanya kegiatan ini bisa menjadi contoh bagi masjid, sekolah, dan bahkan Pimpinan Cabang Muhammadiyah yang lain di Kota Banjarmasin khususnya” tutup Ikbal.

Dokumentasi kegiatan bersih-bersih masjid dan sekolah di PCM Banjarmasin 4:

(https://drive.google.com/drive/folders/1PLpu9FlaPUxkieBsNEgzxOzOlg5Cn0UD)

[post-views]
Selaras
error: Content is protected !!