Media Berkemajuan

24 Februari 2024, 21:04

Kubah Masjid di Kota Makassar Runtuh, Bagaimana Kronologinya?

Facebook
Twitter
LinkedIn
WhatsApp
Telegram
Print
Kubah Masjid Ittifaqul Jamaah di Makassar Roboh [Foto: ANTARA FOTO/Arnas Padda]

Makassar, mu4.co.id — Kubah Masjid Ittifaqul Jamaah di Kota Makassar roboh pada Minggu, (26/3/2023). Hal tersebut terjadi usai jemaah melaksanakan salat isya di masjid, sekitar pukul 20.15 WITA.

“Habis salat Isya lanjut ceramah tarawih, sementara ustadz berdoa untuk siap siap lanjut salat tarawih tiba-tiba roboh kubahnya,” terang Lukman (42), warga setempat yang diwawancara detikSulsel, Minggu (26/3/2023).

Kubah Masjid Ittifaqul Jamaah di Makassar Roboh [Foto: ANTARA FOTO/Arnas Padda]

Berdasar informasi Lukman, kubah masjid roboh tepat di depan mimbar dan menimpa jemaah laki-laki. 12 korban mengalami luka-luka dan telah dirawat di puskesmas serta rumah sakit setempat.

Wali Kota Makassar, Moh Ramdhan ‘Danny’ Pomanto menjamin seluruh biaya pengobatan para korban ditanggung oleh Pemerintah Kota (Pemkot) Makassar.

“Semua pembiayaan pemerintah yang tanggung, tangani. Insya Allah kita minta penanganan yang paling baik untuk masyarakat jemaah Masjid Ittifaqul Jamaah,” kata Danny, dikutip dari detikSulsel.

Kubah Masjid Ittifaqul Jamaah di Makassar Roboh [Foto: Istimewa via detikSulsel]

Penyebab robohnya kubah masjid diduga disebabkan oleh konstruksi bangunan yang sudah tua. “Itu dikarenakan konstruksi yang sudah berumur,” jelas Kepala Pelaksana BPBD Makassar, Achmad Hendra Hakamuddin.

Ia lanjut memaparkan bahwa kubah tersebut tidak langsung jatuh. Runtuhan bangunan sempat terhalang plafon, oleh sebab itu beberapa jemaah lain sempat mengevakuasi diri.

Kubah Masjid Ittifaqul Jamaah di Makassar Roboh [Foto: Reinhard Soplantila/detikSulsel]

Guna mencegah adanya runtuhan bangunan yang belum terjatuh membahayakan warga, Masjid Ittifaqul Jamaah ditutup sementara. Lokasi kini dijaga oleh Polres Pelabuhan Makassar yang berkoordinasi dengan Pemkot Makassar.

Sedangkan untuk kegiatan ibadah akan dialihkan ke jalan dengan tenda. “Kegiatan ibadah dialihkan ke jalan dengan tenda. Ini malam dari Kecamatan sudah persiapkan itu,” ungkap Danny.

Sumber: news.detik.com dan detikSulsel

[post-views]
Selaras
error: Content is protected !!