Media Berkemajuan

20 April 2024, 12:14

Kegiatan Pengisi Ramadhan siswa-siswi SMP MUGA Banjarmasin

Facebook
Twitter
LinkedIn
WhatsApp
Telegram
Print
Pesantren Ramadhan Kelas Putri pada 29-30 Maret 2023

Banjarmasin, mu4.co.id – Suasana Ramadhan memberikan semangat untuk beribadah lebih giat lagi kepada Allah Subhanahu Wa Ta’ala dibanding bulan-bulan lainnya. Demikian pula yang dilakukan SMP Muhammadiyah 3 (MUGA) Banjarmasin secara khusus mengadakan kegiatan untuk siswa-siswi dalam mengisi Ramadhan 1444 Hijriyah kali ini dengan beragam peribadatan.

Pesantren Ramadhan Kelas Putra pada 27-28 Maret 2023

Ada tiga kegiatan religi yang dilakukan oleh SMP MUGA Banjarmasin, yaitu:

  1. Pesantren Ramadhan

Pesantren Ramadhan tahun ini mengangkat tema: “Kuatkan Aqidah & Tingkatkan Ibadah di Bulan Suci Penuh Berkah.” Pesantren terbagi menjadi dua kelas yaitu kelas Putra berlangsung pada 27-28 Maret 2023. Dan kelas Putri pada 29-30 Maret 2023. Kegiatan pesantren Ramadhan tersebut kemudian ditutup dengan buka puasa bersama, khataman Al-Qur’an dan School of Parenting pada 31 Maret 2023.

Penutupan Pesantren Ramadhan sekaligus buka puasa bersama pada Jum’at (31/3/2023)

Ketua Pelaksana Pesantren Ramadhan, Ustaz Zainuddin mengatakan, “Melalui kegiatan ini, kami berusaha memanfaatkan momentum bulan Ramadhan untuk menguatkan akidah & meningkatkan ibadah siswa-siswi SMP Muga, dengan berbagai kegiatan keagamaan.”

2. Tahfidz School Ramadhan

Untuk kegiatan tahfidz school kali ini mengangkat tema: “Membentuk Generasi Qur’ani yang Berkarakter BA-KU (Baik dan Kuat).” Kegiatan dilaksanakan pada 3 hingga 15 April 2023. Kemudian dilanjutkan Ujian Tahfidz (Munaqasyah) pada 17 April 2023.

Pembukaan Tahfidz School Ramadhan SMP MUGA Banjarmasin Angkatan ke-4

Ketua Pelaksana Tahfidz School Ramadhan, Ustaz Fitriannor menyampaikan, “Ini merupakan tahun atau angkatan ke-4, kegiatan ini merupakan ikhtiar kami dalam memfasilitasi & memotivasi para penghafal Qur’an di SMP Muga. Jumlah peserta yg ikut ada 82 orang, dengan target hafalan juz 1, 2, 3, 26, 28, 29 & 30. InsyaAllah kegiatan akan ditutup dengan Wisuda Tahfidz pada 18 April 2023.”

3. Goes to Surau: Ramadhan Edition

Goes to Surau merupakan kegiatan kunjungan yang dilakukan siswa SMP MUGA Banjarmasin untuk mengisi dan memakmurkan surau atau masjid di seputar kota Banjarmasin.

Diantara tempat ibadah yang dikunjungi yaitu langgar Al-Muhammadi Kuin Utara, masjid Istiqomah Kelayan, mushala Al-Ihsan Melkon Temon, masjid Adz-Dzakirin Teluk Tiram, masjid Al-Amin Kelayan dan masjid Al-Fath Handil Bakti.

Goes to Surau: Ramadhan Edition

“Program ini sudah direncanakan dari tahun lalu, namun baru terealisasi pada tahun ini. Dimana putra-putra SMP Muga yg telah terpilah dan terpilih ditugaskan untuk menjadi imam sholat Maghrib, Isya, Tarawih dan Witir di Mesjid-Mesjid atau Musholla-Musholla Muhammadiyah di Banjarmasin.” ungkap Ustaz Zainuddin, Penanggung jawab kegiatan Goes to Surau.

Dilain kesempatan, Kepala SMP MUGA Banjarmasin, Ustaz Agus Setiawan Riyadi mengatakan, “Berbagai aktivitas yang kami susun untuk dilaksanakan bulan Ramadhan ini adalah ikhtiar kami agar siswa-siswi SMP Muhammadiyah 3 Banjarmasin mengisi bulan yang penuh berkah ini dengan kegiatan-kegiatan yang bermanfaat.”

[post-views]
Selaras
error: Content is protected !!