Media Berkemajuan

22 Juli 2024, 16:35

Jember Diguncang Gempa Magnitudo 6.2, BMKG: Tak Berpotensi Tsunami 

Facebook
Twitter
LinkedIn
WhatsApp
Telegram
Print
Foto: elrajab.com

Banjarmasin, mu4.co.id – Jember, Jawa Timur diguncang gempa bumi berkekuatan magnitudo (M) 6,2. Gempa ini diakibatkan dari deformasi atau patahan batuan di zona outerise sebagaimana telah disampaikan Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG).

“Hasil analisis mekanisme sumber menunjukkan bahwa gempa bumi ini memiliki mekanisme pergerakan turun (normal fault),” kata Kepala Pusat Gempabumi dan Tsunami BMKG, Daryono dikonfirmasi di Jakarta, Selasa (6/12/2022), seperti dilansir Antara.

Gempa bumi terjadi pada hari ini (6/12) pukul 13.07 WIB. Gempa tersebut berada di koordinat 10,70 derajat Lintang Selatan dan 113,38 derajat Bujur Timur. Tepatnya berlokasi di laut pada jarak 223 kilometer arah selatan Kota Jember, Jawa Timur pada kedalaman 10 km.

BMKG juga memberikan keterangan di akun twitternya bahwa gempa ini tidak berpotensi tsunami dan hingga saat ini belum ada informasi mengenai kerusakan akibat gempa tersebut tetapi masyarakat diiimbau untuk mengindari bangunan yang retak atau rusak.

[post-views]
Selaras