Media Berkemajuan

20 April 2024, 12:01

Jam Penerbangan Diubah, Calon Jemaah Haji Kloter 1 Embarkasi Banjarmasin Akhirnya Berangkat 

Facebook
Twitter
LinkedIn
WhatsApp
Telegram
Print
Kloter 1 Embarkasi Banjarmasin naik pesawat, terbang menuju Madinah dari Banjarbaru. [Foto: Radar Banjarmasin]

Banjarbaru, mu4.co.id – Jam penerbangan calon jemaah haji (calhaj) diubah yang awalnya dijadwalkan take off pukul 13.50 Wita menjadi pukul 16.53 Wita.

Atas perubahan jadwal ini, GM Garuda Indonesia Banjarmasin, Agung Gunawan menyampaikan, jam berangkat pesawat mengalami perubahan karena ada penyesuaian slot dan izin di bandara tujuan di Madinah.

Ia menjamin, jadwal penerbangan untuk kloter selanjutnya tidak akan berubah lagi.

Akhirnya calon jemaah haji kloter 1 Embarkasi Banjarmasin diberangkatkan pada pukul 16.53 Wita dari Bandara Internasional Syamsudin Noor di Banjarbaru pada Senin (29/5) sore menggunakan pesawat Airbus 330 Garuda Indonesia dengan Nomor Flight GIA 8101.

Pesawat itu diperkirakan tiba di Bandara Internasional Pangeran Muhammad bin Abdul Aziz, Madinah pukul 21.00 waktu Arab Saudi (WAS).

Untuk kloter 1 Embarkasi Banjarmasin ini berjumlah 328 orang yang berasal dari Kabupaten Banjar.

Sebelum berangkat, para calhaj ini dilepas langsung oleh Gubernur Kalsel, Sahbirin Noor di Aula Jeddah, Asrama Haji Embarkasi Banjarmasin di Banjarbaru.

Ia menyampaikan harapannya pada seluruh calhaj, “Semua jemaah bisa menjaga kesehatan dan saling tolong menolong,” 

Sementara itu, Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Kalsel, Muhammad Tambrin merincikan, dari 328 orang itu, lima di antaranya adalah petugas kloter. Terdiri dari ketua kloter, pembimbing ibadah, dokter dan dua paramedis.

“Jadi tidak ada kursi kosong, jumlah calhaj sesuai dengan rencana,” ucapnya.

Tambrin juga berpesan kepada jemaah haji agar disiplin dalam menjaga kesehatan. Terlebih menjelang puncak wukuf di Arafah, Muzdalifah dan Mina.

“Juga patuhi aturan, baik dari pemerintah Indonesia maupun dari Arab Saudi. Jaga nama baik negara dan Banua tercinta,” pintanya.

Sedangkan untuk petugas, ia meminta agar fokus dan profesional dalam melayani jemaah terutama jemaah lansia yang kesehatannya berisiko tinggi.

Baca Juga: Hotel Jemaah Indonesia Tersebar Dalam 5 Kawasan, Dimana Saja?

Untuk keberangkatan selanjutnya giliran rombongan calhaj dari Kabupaten Tabalong yang berangkat pukul 23.10 Wita pada Selasa (30/5).

Diketahui Embarkasi Banjarmasin di tahun 2023 ini memberangkatkan 17 kloter calhaj gabungan dari Kalimantan Selatan dan Kalimantan Tengah. Jumlah calhaj yang diberangkatkan dari kedua provinsi ini sebanyak 5.430 orang. Rinciannya, dari Kalsel 3.818 orang dan dari Kalteng 1.590 orang.

Untuk keberangkatan ke Tanah Suci akan berlangsung hingga 22 Juni 2023.

Sumber: radarbanjarmasin.jawapos.com

[post-views]
Selaras
error: Content is protected !!