Media Berkemajuan

24 April 2024, 14:56

Jalani Karantina, 385 WNI dari Sudan Tiba di Tanah Air 

Facebook
Twitter
LinkedIn
WhatsApp
Telegram
Print
Menlu Retno Marsudi dan Panglima TNI Laksamana Yudo Margono sambut kedatangan WNI dari Sudan di Jakarta, Jumat (28/04/2023). [Foto: Humas Kemlu].

Jakarta, mu4.co.id – Sebanyak 385 WNI yang dievakuasi dari Sudan telah tiba di Tanah Air dengan Pesawat Garuda Indonesia GA 991 pada Jumat (28/04/2023) pagi sekitar pukul 05.46 WIB.

385 WNI itu terdiri dari 248 perempuan dan 137 laki-laki diantaranya adalah anak-anak.

Setibanya di Asrama Haji Pondok Gede, DKI Jakarta, para WNI ini langsung melakukan swab antigen.

“Ini adalah ketibaan tahap pertama di tanah air WNI yang dievakuasi dari Sudan melalui Jeddah. Mengingat perjalanan evacuees sangat panjang dan melelahkan, maka setiba di Jakarta mereka akan diinapkan sementara di Asrama Haji Pondok Gede sebelum dipulangkan ke daerah masing-masing,” ujar Menteri Luar Negeri (Menlu) Retno LP Marsudi, dalam pernyataan tertulisnya, Jumat (28/04/2023).

Menlu juga menyampaikan, jajaran pemerintah terkait baik pusat dan daerah telah menyiapkan sejumlah layanan bagi para WNI yang dievakuasi hingga kepulangan ke daerah masing-masing.

Para WNI ini rencananya akan dikarantina hingga lima hari ke depan sebelum dipulangkan ke rumah masing-masing,

Pemulangan dapat dilakukan secara mandiri oleh WNI bersangkutan, oleh pemda terkait atau serentak oleh Kemenlu. 

Sebelum pulang, pemerintah akan melakukan assessment terhadap para WNI terkait skenario pemulangan mereka. Pemerintah juga akan meminta kontak dari keluarga untuk memastikan keselamatan WNI selamat sampai di rumah masing-masing.

“Kemenko PMK (Kementerian Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan) dan K/L (Kementerian/lembaga) terkait telah menyiapkan layanan mulai pemeriksaan kesehatan hingga layanan konseling. kementerian Sosial, Kementerian Dalam Negeri, dan pemda terkait akan memfasilitasi kepulangan ke darah masing-masih,” ungkap Menlu.

Retno juga menyampaikan, pemerintah akan melakukan pemulangan WNI yang dievakuasi dari Sudan ke tanah air dalam tiga tahap. Pemulangan tahap kedua akan dilakukan 29 April dan pemulangan tahap ketiga sekaligus menutup seluruh proses evakuasi akan dilakukan 30 April.

Hingga Jumat (28/04/2023) tersisa 111 orang WNI yang masih berada di Kota Port Sudan, dan mereka akan diterbangkan ke Jeddah dengan pesawat TNI AU.

Sumber: setkab.go.id apahabar.com

[post-views]
Selaras
error: Content is protected !!