Media Berkemajuan

29 Februari 2024, 07:27

Inovasi Terbaru, Mahasiswa UMM Ciptakan Kompor Bertenaga Surya

Facebook
Twitter
LinkedIn
WhatsApp
Telegram
Print

Malang, mu4.co.id – Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) kembali memberikan inovasi terbarukan. Sebanyak 18 mahasiswa Teknik Industri UMM menciptakan kompor surya yang dapat digunakan dalam keadaan darurat. Kompor inovasi ini dikembangkan dalam rentang waktu empat bulan.

Hibatullah Al-Mubarok, perwakilan tim menjelaskan bahwa ide kompor itu muncul dari diskusi panjang kelompoknya bersama dosen Ir. Muhammad Lukman, MT. 

Yang kemudian dieksekusi untuk pembuatan prototipe hingga akhirnya menjadi kompor surya.

Adapun cara kerja kompor ini memanfaatkan pantulan cahaya matahari yang dipusatkan dalam satu titik dengan menggunakan prinsip dan alat. Dalam titik itulah energi panas dikumpulkan dan siap digunakan untuk memasak.

“Kompor surya adalah teknologi yang memanfaatkan energi matahari dalam memasak pada pagi hari hingga siang hari,” jelasnya.

Ia juga mengatakan, kompor ini sangat cocok dalam keadaan darurat seperti saat bencana melanda. Sebab itu, kompor tersebut dianggap dapat menjadi solusi dalam kondisi bencana seperti gempa di Turki.

Keunggulan lain yang dimiliki kompor ini adalah penggunaannya yang ramah lingkungan. Hal ini berbeda dengan energi gas dan fosil yang secara jangka panjang dapat membahayakan lingkungan.

Mahasiswa asli Tuban ini berharap kompor surya dapat terus dikembangkan. Salah satunya bentuk kompor yang harus terus dimodifikasi dan diubah menjadi lebih minimalis.

Untuk saat ini, bentuk kompor ini masih tergolong besar dan sulit untuk dibawa ke mana-mana.

Jika kedepannya ada pengembangan bentuk, ia rasa kompor surya buatan mahasiswa UMM bisa digunakan untuk masyarakat luas. Begitu pula dengan tingkat panas yang bisa ditingkatkan lagi sehingga proses memasak lebih mudah dan cepat.

“Minimalis dan mampu mengumpulkan panas lebih banyak menjadi tujuan tim selanjutnya.” tutupnya.

Sumber: repjogja.republika.co.id

[post-views]
Selaras
error: Content is protected !!