Media Berkemajuan

25 Juni 2024, 19:10

Indonesia Jadi Tuan Rumah KTT G20, Apa Itu G20?

Facebook
Twitter
LinkedIn
WhatsApp
Telegram
Print
Bendera masing-masing negara KTT G20

Banjarmasin, mu4.co.id – Indonesia menjadi tuan rumah Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G20 yang digelar pada 15-16 November 2022 di Nusa Dua, Bali. Dengan mengusung tema “Recover Together, Recover Stronger”.

KTT G20 ini dihadiri oleh 20 negara anggota G20, yakni Indonesia, Argentina, Australia, Brasil, Kanada, China, Prancis, Jerman, India, Italia, Jepang, Korea Selatan, Meksiko, Rusia, Arab Saudi, Afrika Selatan, Turki, Inggris Raya, Amerika Serikat, dan Uni Eropa. Spanyol juga diundang sebagai tamu tetap serta puluhan lembaga internasional juga berhadir.

G20 atau Group of Twenty merupakan forum kerja sama multilateral yang beranggotakan negara-negara dengan perekonomian besar di dunia terdiri dari 19 negara dan Uni Eropa (EU).

G20 sendiri menyimbolkan lebih dari 60 persen populasi bumi, 75 persen perdagangan global, dan 80 persen PDB dunia. Sejak didirikannya G20 telah merundingkan isu-isu penting seperti penanganan krisis global pada 2008, pandemi Covid-19, dan iklim.

Pada pertemuan tahun ini terdapat 3 agenda penting yang dibahas yaitu arsitektur kesehatan global, transformasi digital, dan transisi energi.

Presiden Joko Widodo sangat mengapresiasi kerja keras seluruh pihak yang telah mendukung pelaksanaan KTT G20 2022. Kepala Negara mengapresiasi sinergi, integrasi hingga koordinasi yang sangat rapi.

“Saya mengapresiasi kerja keras seluruh pihak. Kalau kita bekerja seperti ini terus, lompatan ke Indonesia maju akan sangat mudah.” ujar Presiden Joko Widodo dilansir dari TribunPalu.com

[post-views]
Selaras
error: Content is protected !!