Media Berkemajuan

20 Mei 2024, 01:28

Hindari Minum Kopi Setelah Minum Obat, Begini Efeknya!

Facebook
Twitter
LinkedIn
WhatsApp
Telegram
Print
Ilustrasi minum kopi dan mengonsumsi obat [Foto: freepik.com]

Banjarmasin, mu4.co.id – Meminum kopi setelah mengonsumsi obat atau sebaliknya ternyata tidak dianjurkan, karena kafein pada kopi dapat mengganggu penyerapan nutrisi obat yang dikonsumsi, sehingga tidak dapat diserap tubuh dengan optimal, bahkan dapat menimbulkan efek samping tertentu.

Berikut beberapa efek minum kopi setelah minum obat, diantaranya yaitu:

  • Mengganggu penyerapan obat oleh tubuh, karena akan menjadi lebih cepat melewati saluran pencernaan dan kurang efektif untuk mengatasi masalah kesehatan yang dialami
  • Mengganggu penyaluran obat ke darah dan jaringan tubuh, khususnya di area otak, dan
  • Mempercepat proses pengeluaran obat dari tubuh melalui urine karena kopi dapat meningkatkan frekuensi buang air kecil.

Selain mengganggu penyerapan nutrisi obat oleh tubuh, minum kopi segera setelah minum obat juga dapat menimbulkan efek samping yang ringan hingga serius, diantaranya yaitu:

  • Meningkatkan risiko gangguan jantung
  • Meningkatkan efek samping kafein, seperti gugup, sakit kepala, peningkatan irama denyut jantung, dan efek samping lainnya
  • Meningkatkan tekanan darah
  • Memperlambat proses pembekuan darah sehingga risiko lebam dan pendarahan akan meningkat
  • Menurunkan kadar kalium di dalam tubuh secara berlebihan, dan
  • Meningkatkan kadar gula darah.

Meski demikian, efek samping yang akan muncul berbeda-beda tergantung dari jenis obat yang dikonsumsi, mulai dari gejala yang ringan, sampai serius dan membahayakan kesehatan.

Baca juga: Minum Kopi dengan Telur di Pagi Hari Dapat Mengganggu Pencernaan. Benarkah?

Lantas berapakah jarak yang diperbolehkan antara minum kopi, dengan mengonsumsi obat?

Dilansir dari halodoc, setelah meminum kopi sebaiknya tunggu 3-4 jam sebelum minum obat, atau bisa tanyakan langsung pada dokter atau apoteker terkait waktu yang aman untuk minum kopi sebelum atau setelah minum obat.

Selain itu juga perlu memperhatikan aturan minum obat yang tertera pada label kemasan, terutama jika minum obat tanpa resep dokter yang banyak dijual di apotek atau pasaran.

Sumber: kompas.com, halodoc.com

[post-views]
Selaras
error: Content is protected !!