Media Berkemajuan

26 Mei 2024, 04:29

Hamas Minta JK Untuk Jadi Mediator, Ini Kata JK!

Facebook
Twitter
LinkedIn
WhatsApp
Telegram
Print
Pertemuan antara delegasi Jusuf Kalla dengan Hamas di Kuala Lumpur, Malaysia, Ahad [5/5/2024]. [Foto: Antara]

Malaysia, mu4.co.id – Hamas dikabarkan meminta Jusuf Kalla (JK) membantu memediasi konflik di Palestina menyusul upaya gencatan senjata di Jalur Gaza yang belum menemukan titik terang.

Dalam keterangan resmi, Anggota delegasi JK yaitu Hamid Awaludin, mengatakan Wakil Presiden RI ke-10 dan 12 itu telah bertemu dengan Pejabat Biro Politik sekaligus Wakil Kepala Urusan Internasional Hamas, Dr. Bassem Naim di Kuala Lumpur, Malaysia, pada Ahad (5/5).

Dalam pertemuan itu, Hamid mengungkap, Bassem Naim meminta JK memediasi kelompoknya dan Israel guna dapat mengakhiri perang yang telah berlangsung sejak tujuh bulan lalu ini.

Baca Juga: Israel Terus Serang Brutal Rafah, Mesir Siaga

JK mengatakan, dirinya dan Perdana Menteri Malaysia, Anwar Ibrahim, sedang berusaha untuk mendamaikan antara kelompok milisi Hamas dan Fatah. “Tapi kita usahakan sekarang bagaimana terjadi perdamaian dulu antara mereka (Hamas dan Fatah) mereka berunding supaya lebih kuat,” ucap JK, dikutip dari KumparanNews, Jum’at (10/5).

Saat ditanyai apakah dirinya akan menjadi mediator antara Palestina dengan Israel, JK mengaku sedikit sulit.

“(Jadi mediator) Ya kalau itu membantu bagaimana memberikan bantuan, kalau mediator itu sudah agak sulit untuk menghadapi Israel, PBB saja tidak dianggap, dengan Timur Tengah lainnya tidak dianggap,” tuturnya.

Sumber: CNN, Kumparan

[post-views]
Selaras
error: Content is protected !!