Media Berkemajuan

25 Juni 2024, 20:06

FBIM 2024 Kalteng Digelar Meriah, Ini Susunan Acaranya!

Facebook
Twitter
LinkedIn
WhatsApp
Telegram
Print
Pembukaan FBIM oleh Gubernur Kalimantan Tengah, H Sugianto Sabran. [Foto: palangkaraya.go.id]

Palangka Raya, mu4.co.id – Adiah Chandra Sari, Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kalimantan Tengah, mengungkapkan bahwa Festival Budaya Isen Mulang (FBIM) berlangsung dari tanggal 17 hingga 24 Mei 2024 di lima lokasi yang berbeda.

“FBIM kali ini pun bukan hanya diisi karnaval, festival kuliner, lomba seni budaya dan olahraga tradisional, tetapi juga bertabur artis papan atas Indonesia,” ungkap Adiah, dikutip dari ANTARA, Ahad (19/5).

Baca Juga: Bangga! Kalteng Raih Penghargaan Utama Jambore Nasional PKK 2024

Lokasi acara FBIM di Kalteng akan mencakup: karnaval budaya akan berlangsung di Bundaran Besar Palangka Raya, hiburan musik oleh artis terkenal akan ada di halaman GOR Indoor Serbaguna Palangka Raya, lomba perahu hias akan diadakan di sungai Kahayan dengan penonton dapat menyaksikannya dari Bawah Jembatan Kahayan dan Flamboyan Bawah, serta festival kuliner akan digelar di Swiss Belhotel Danum Palangka Raya.

Artis terkenal yang akan menghibur masyarakat Kalteng dalam FBIM 2024 antara lain Dewa, Ungu, Kangen Band, Vionita, dan lainnya. 

Ungu, Kangen Band, dan Vionita Sihombing tampil di halaman Indoor Serbaguna di Jalan Tjilik Riwut pada tanggal 18 Mei 2024, sementara Dewa akan tampil pada tanggal 24 Mei 2024 ditempat yang sama.

Baca Juga: Pemprov Kalteng Rancang Bundaran Besar Palangkaraya Lebih Modern

“Bahkan Chef Juna turut dihadirkan dalam Festival Kuliner. Semua hiburan yang menampilkan artis papan atas itu gratis. Peserta dalam lomba kuliner yang menghadirkan Chef Juna itu juga dapat dapat diikuti masyarakat secara gratis,” jelasnya.

Penyelenggaraan FBIM 2024 oleh pemprov melalui Disbudpar Kalteng ini, bekerjasama dan menggandeng event organizer El Production. FBIM 2024 menjadi suguhan spesial, khususnya bagi seluruh masyarakat Bumi Tambun Bungai, masyarakat Indonesia hingga wisatawan mancanegara pada umumnya.

Jadwal FBIM yaitu, Ahad (19/5) pergelaran Lomba Pawai Budaya di Bundaran Besar Palangka Raya dari pukul 08.00 WIB, dan lomba sepak sawut di halaman GOR Indoor Serbaguna jalan Tjilik Riwut pukul 18.00 WIB.

Besok (20/5) akan ada berbagai perlombaan tradisional, seperti Habayang, Panginan Sukup Simpan, Lawang Sekepeng, Mangenta, dan Besei Kambe di beberapa lokasi, termasuk GOR Indoor Serbaguna dan bawah Jembatan Kahayan. Selain itu, akan ada juga lomba perahu hias di Dermaga Flamboyan dan lomba lagu daerah di halaman GOR Indoor Serbaguna. Jadwalnya dimulai dari pukul 08.00 WIB hingga sore hari.

Selasa (21/5), di GOR Indoor Serbaguna akan diadakan lomba Karungut, Malamang, dan Balogo, serta lomba Jukung Tradisional Putri di Bawah Jembatan Kahayan, dimulai pukul 08.00 WIB. Di Swiss-Belhotel Danum, akan ada unjuk bakat Jagau dan Bawi Nyai Pariwisata mulai pukul 15.00 WIB, serta lomba Tari Pesisir di GOR Indoor Serbaguna pada pukul 18.00 WIB.

Sedangkan pada Rabu (22/5), di GOR Indoor Serbaguna akan diadakan lomba Manyipet, Balogo, Maneweng, dan Manetek Tuntang Manila Kayu, serta lomba Jukung Tradisional Putra di Bawah Jembatan Kahayan, dimulai pukul 08.00 WIB. Pada sore harinya, akan ada lomba Mangaruhi di GOR Indoor Serbaguna, dan grand Final Jagau dan Bawi Nyai Pariwisata di Swiss-belhotel Danum. Malam harinya, akan ada Lomba Tari Pedalaman di halaman GOR Indoor Serbaguna, dimulai pukul 18.00 WIB.

Sumber: ANTARA

[post-views]
Selaras
error: Content is protected !!