Media Berkemajuan

16 Juli 2024, 15:15

Dirjen Aptika Kominfo Mundur Usai Serangan PDN, Apa Rencana Selanjutnya?

Facebook
Twitter
LinkedIn
WhatsApp
Telegram
Print
Direktur Jenderal Aplikasi Informatika Kementerian Komunikasi dan Informatika, Semuel Abrijani Pangerapan. [Foto: Tempo]

Jakarta, mu4.co.id – Sebagai bentuk tanggung jawab moral atas terjadinya gangguan siber, Direktur Jenderal Aplikasi Informatika Kementerian Komunikasi dan Informatika, Semuel Abrijani Pangerapan mengundurkan diri dari Pusat Data Nasional Sementara (PDNS) 2 Surabaya.

“Saya menyatakan bahwa per tanggal 1 Juli kemarin saya sudah mengajukan pengunduran diri saya secara lisan dan suratnya sudah saya serahkan kemarin kepada Menteri Kominfo,” ungkap Semuel, dikutip dari Antara, Ahad (7/7).

Sebagai Dirjen Aptika yang mengampu proses transformasi pemerintahan, ia mengaku dirinya belum bisa mengemban tanggung jawab tersebut dengan baik.

Baca Juga: Larangan Judi Online Jadi Penyebab Pusat Data Nasional Diserang, Ini Faktanya!

Samuel mengatakan bahwa insiden serangan siber terhadap PDNS 2 secara teknis merupakan tanggung jawabnya.

“Saya mengambil tanggung jawab ini secara moral dan saya menyatakan harusnya selesai di saya. Karena ini adalah masalah yang harusnya saya tangani dengan baik,” ucapnya.

Meskipun ia mengundurkan diri dari jabatannya, proses pemulihan PDNS 2 tetap terus dilakukan secara optimal.

Usai mengundurkan diri dari jabatannya imbas serangan siber ransomware terhadap PDNS, Samuel akan tetap fokus terhadap transformasi digital.

“Banyak rencana saya. Pastinya saya akan fokus kepada transformasi digital Indonesia,” ucapnya.

Semuel menyebut dalam membangun tranformasi digital Indonesia tak selalu harus dari kalangan pemerintah. Ia yakin tetap dapat membangun tranformasi digital meskipun tak lagi menjabat sebagai Dirjen Aptika Kominfo. “Kan dulu juga saya dari swasta. Jadi saya baliklah ke komunitas saya,” ujarnya.

Baca Juga: Password ke Server PDN Cuma Pakai Admin#1234, Hanya 11 Detik Dapat Dibobol!

Semuel telah menjabat sebagai Direktur Jenderal Aplikasi Informatika (APTIKA) Kemenkominfo sejak 2016 hingga 2024 ini. 

Beberapa jabatan yang pernah diembannya antara lain sebagai Ketua Umum Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia (APJII) pada periode 2012-2015, lalu sebagai  Head of Delegation ASEAN Telecommunications and IT Minister Meeting (TELMIN) pada periode 2018-2019.

Semuel juga pernah menjabat sebagai Chairman ASEAN Telecommunications and Information Technology Senior Officals Meeting (TELSOM) pada periode 2018-2019. 

(Antara, Tempo)

[post-views]
Selaras