Media Berkemajuan

13 April 2024, 12:18

BWS Kalimantan III Berikan Kapal Weed Harvester, Bantu Banjarmasin Bersihkan Enceng Gondok di Sungai Martapura!

Facebook
Twitter
LinkedIn
WhatsApp
Telegram
Print
Pemko Banjarmasin mendapatkan bantuan 1 buah unit Kapal Weed Harvester [kapal pembersih sungai eceng gondok] dari Balai Wilayah Sungai [BWS] Kalimantan III [Foto: tabirkota.com]

Banjarmasin, mu4.co.id – Pemko Banjarmasin baru saja mendapatkan bantuan 1 buah unit Kapal Weed Harvester (kapal pemanen/pembersih sungai eceng gondok atau yang disebut ilung), dikutip dari banjarmasinpost, Rabu (27/12/2023).

Bantuan kapal tersebut diberikan oleh Balai Wilayah Sungai (BWS) Kalimantan III yang bertujuan untuk membantu memelihara sungai Martapura yang membelah di Kota Banjarmasin.

Wali Kota Banjarmasin Ibnu Sina senang dengan adanya bantuan kapal pembersih sungai eceng gondok tersebut. Ia menyebut bahwa alat tersebut dapat membantu Pekerjaan Pemerintah Kota Banjarmasin untuk membersihkan enceng gondok di Sungai Martapura, dan sangat bagus serta akan lebih cepat untuk menghalau tumpukan ilung.

Baca juga: Peduli Lingkungan, ULM Turut Serta dalam Kegiatan Bersih-bersih Sungai

Diketahui selama ini pembersihan eceng gondok di Sungai Martapura hanya mengandalkan pasukan turbo dan kapal sapu-sapu saat ilung banyak dan menghalangi lalu lintas sungai.

Selanjutnya untuk pengoperasian kapal tersebut akan dilakukan oleh jajaran PUPR Kota Banjarmasin. Kepala Dinas PUPR Kota Banjarmasin, Suri Sudarmadiyah menyebut bahwa semua operator akan diajari terlebih dahulu cara pengoperasiannya agar tidak salah penggunaannya.

Sumber: banjarmasinpost.co.id

[post-views]
Selaras
error: Content is protected !!