Media Berkemajuan

16 Juli 2024, 14:29

Bus ShuttleMu Gratis pun Turut Disiapkan Untuk Transportasi Penggembira Muktamar

Facebook
Twitter
LinkedIn
WhatsApp
Telegram
Print
ilustrasi bus shuttle (Foto: surakarta.go.id)

Surakarta, mu4.co.id – Panitia Muktamar Muhammadiyah menyediakan bus gratis bagi penggembira muktamar dengan rute Mangkunegaran hingga kawasan Waduk Cengklik Boyolali saat pelaksanaan muktamar Jumat-Ahad (18-20 November 2022) mendatang.

Bus gratis itu diberi nama ShuttleMu, sedangkan ojek diberi nama OjekMu. ShuttleMu berkonsep seperti bus Batik Solo Trans (BST). Jam operasional Bus gratis ShuttleMu dimulai pukul 08.00 WIB – pukul 16.00 WIB. Rute yang dilayani oleh bus gratis bagi penggembira Muktamar Muhammadiyah pada jam tersebut yakni dari De Tjolomadoe – Edutorium – Manahan – Mangkunegaran – Pasar Klewer dan rute Edutorium – Kampus UMS.

Berhenti sekitar satu jam, perjalanan ShuttleMu dilanjutkan pada pukul 17.00 WIB – pukul 21.00 WIB. Rute pada jam tersebut yakni  melayani jalur De Tjolomadoe- Edutorium-UMS-The Heritage Palace-Waduk Cengklik Park. Panitia akan menyiapkan 30 unit bus dengan kapasitas kurang lebih 45 orang atau 35 tempat duduk. Penggembira muktamar dapat mengakses SuttleMu tanpa dikenai biaya dengan syarat menggunakan ID Card, Kartu NBM, atau atribut Muktamar Muhammadiyah.

Koordinator Transportasi Sie Penggembira Muktamar, Andika, mengatakan tujuan bus gratis tersebut yakni meringankan beban penggembira. Mengingat, penggembira datang jauh-jauh dari Aceh, Malaysia, hingga Singapura. “Kami mencoba membantu mereka dengan memberikan layanan transportasi,” kata Andika pada media, Sabtu (5/11/2022). Selain itu, panitia juga mengantisipasi membeludaknya jumlah penggembira.

Dengan adanya layanan transportasi khusus tersebut, panitia berharap dapat menekan penggunaan kendaraan pribadi di kawasan Soloraya yang berpotensi memicu kemacetan. Terlebih rute bus gratis bagi penggembira Muktamar Muhammadiyah ini juga sudah ditentukan. Andika menyebut dua jenis transportasi yang disiapkan bagi penggembira Muktamar Muhammadiyah di Solo yakni ShuttleMu dan OjekMu.

Pengadaan armada transportasi tersebut dilakukan secara mandiri, namun pelaksanaannya akan berkoordinasi dengan Dinas Perhubungan Kota Solo. 

[post-views]
Selaras