Media Berkemajuan

26 Mei 2024, 04:18

Beredar Video Makhluk Misterius di Hutan Kalimantan, Benarkah?

Facebook
Twitter
LinkedIn
WhatsApp
Telegram
Print
Beredar di media sosial video penampakan makhluk misterius di hutan Kalimantan [Foto: kompas.com]

Banjarmasin, mu4.co.id – Beredar video di Instagram yang diklaim menunjukkan penampakan makhluk misterius berjalan di antara pepohonan di hutan Kalimantan.

Video yang diklaim menunjukkan makhluk misterius di hutan Kalimantan dibagikan oleh akun Instagram gentalamedia. Pada video itu tersemat teks sebagai berikut: Penampakan sesosok makhluk aneh di hutan Kalimantan.

Baca juga: Film Saranjana Angkat Urban Legend di Kalimantan Selatan

Dalam video itu, tampak sesosok makhluk seperti manusia kerdil berjalan di antara pepohonan. Makhluk itu sadar bahwa ia sedang diawasi lalu melarikan diri.

Lantas benarkah berita tersebut ataukah hanya hoaks?

(instagram gentalamedia)

Setelah ditelusuri, klip tersebut merupakan potongan video YouTube berjudul “Pixies turn up at an inconvenient time” yang diunggah pada 16 April 2022 di kanal Erwin Saunders. Kanal tersebut mengunggah video petualangan Erwin Saunders menjelajahi hutan Inggris untuk menemukan pixie, makhluk mitologi yang diyakini bersembunyi di hutan.

Akan tetapi, pixie dalam video Erwin Saunders tidak nyata. Makhluk tersebut dibuat menggunakan teknologi Computer Generated Imagery (CGI). Hal itu dibahas dalam video di kanal YouTube ObscureLodge yang diunggah 25 September 2020.

Baca juga: Destinasi Desa Belangian, Surga Tersembunyi di Kalimantan Selatan

Video tersebut menunjukkan bukti bahwa pixie dalam video Erwin Saunders adalah CGI. Bukti yang ditunjukkan berasal dari video Erwin Saunders yang diunggah pada 26 Maret 2019. Video tersebut berjudul “Searching for Wiltons Pixies”. YouTube ObscureLodge menunjukkan kejanggalan pada pixie dalam video itu. Misalnya, tangan pixie yang tiba-tiba berubah transparan dan memanjang.

Sehingga dapat dipastikan video yang diklaim penampakan makhluk misterius di hutan Kalimantan adalah hoaks. Konten itu mencatut video YouTube Erwin Saunders, yang memfilmkan petualangannya menemukan pixie di hutan Inggris. Namun, pixie dalam video Erwin Saunders adalah rekayasa CGI. (kompas.com)

[post-views]
Selaras
error: Content is protected !!