Media Berkemajuan

18 April 2024, 22:58

Berapa Kali Batas Makan Mi Instan dalam Seminggu? Begini Penjelasan Ahli!

Facebook
Twitter
LinkedIn
WhatsApp
Telegram
Print
mi instan
Batas aman makan mi instan yang aman dalam seminggu [Foto: detik.com]

Banjarmasin, mu4.co.id – Aroma lezat dari mi instan kadang sangat menggoda selera dan digemari siapa saja.

Selain dikenal praktis karena penyajiannya yang cukup beberapa menit saja. Mi instan juga dikenal memiliki variasi rasa yang beragam. Apalagi harganya juga terjangkau, membuat mi instan menjadi makanan andalan para anak kos.

Mi instan termasuk makanan cepat saji yang tentu saja memiliki dampak negatif bila dikonsumsi dalam jumlah banyak dan sering.

Lantas berapa kali batas makan mi instan yang aman dalam seminggu? Simak penjelasan ahli berikut ini.

Baca juga: Tips Aman Masak Mie Instan Ala Dosen UMM

Ahli Gizi Universitas Muhammadiyah Surabaya (UMS) Tri Kurniawati menyebut, mie instan belum dapat dianggap sebagai makanan penuh (wholesome food) karena belum mencukupi kebutuhan gizi yang seimbang bagi tubuh. Mie yang terbuat dari terigu mengandung karbohidrat dalam jumlah besar, tetapi kandungan protein, vitamin, dan mineralnya hanya sedikit.

“Pemenuhan kebutuhan gizi mie instan dapat diperoleh jika ada penambahan sayuran dan sumber protein,”ujar Tri dikutip dari website UMS, Kamis (22/2)

Di lain sisi, mie instan juga dapat membahayakan kesehatan, hal ini dikarenakan dalam sekali penyajian mie instan umumnya mengandung lemak dan natrium yang tinggi, namun rendah serat, vitamin dan mineral. Pola konsumsi mie instan mempunyai pengaruh positif terhadap obesitas abdominal dan hiperkoles-terolemia.

Umumnya mi instan juga mengandung garam, penyedap rasa, dan monosodium glutamat (MSG). Beberapa penelitian menyebutkan konsumsi MSG yang tinggi dapat menyebabkan penambahan berat badan dan bahkan peningkatan tekanan darah, sakit kepala, dan mual.

“Konsumsi mie instan lebih dari 2 bungkus dalam seminggu berhubungan dengan peningkatan sindrom metabolik yang tinggi pada wanita,”tegasnya lagi.

Baca juga: 6 Sayur Pantangan Asam Lambung, Apa Saja?

Pola konsumsi mie instan dapat berkontribusi terhadap pola makan. Konsumsi mie instan yang tinggi cenderung diiringi juga dengan konsumsi makanan fast food lain yang tinggi. Konsumen yang mengonsumsi mie instan cenderung lebih sedikit mengonsumsi buah dan sayuran.

Tri menegaskan, konsumsi mie lebih baik tidak lebih dari dua bungkus dalam satu minggu dan tidak dijadikan kebiasaan rutin. Bila ingin mengkonsumsi mie instan sebaiknya diberikan tambahan sayur dan protein seperti telur, ayam, daging serta sumber protein yang lain.

“Waspadai pemakaian mie instan yang di jadikan sebagai lauk atau dimakan hanya dengan nasi. Hal tersebut tidak dianjurkan karena hanya mengandung karbohidrat saja,”pungkas Tri.

[post-views]
Selaras
error: Content is protected !!