Media Berkemajuan

18 April 2024, 22:43

Bawa Bantuan Kemanusiaan Palestina, Kapal TNI AL Tiba di Mesir

Facebook
Twitter
LinkedIn
WhatsApp
Telegram
Print
Kapal TNI AL yang Bantuan Kemanusiaan Palestina Tiba di Mesir [Foto: mediaindonesia.com]

Mesir, mu4.co.id – Kabiro Humas Setjen Kemhan Brigjen TNI Edwin Adrian Sumantha menyebutkan KRI dr Radjiman Wedyodiningrat-992 yang membawa bantuan kemanusiaan untuk warga Palestina telah tiba di dermaga Al Arish, Mesir, Selasa (13/02/2024), pukul 08.40 waktu Mesir.

Saat ini diketahui barang bantuan sedang dalam proses debarkasi (bongkar muat) di Dermaga El-Arish. Selanjutnya dibawa masuk ke Gaza melalui perbatasan Rafah dan disalurkan kepada para korban konflik.

“Bantuan kemanusiaan tersebut selanjutnya diserahkan kepada perwakilan Bulan Sabit Merah Mesir (Egyptian Red Crescent/ERC),” kata Edwin dalam keterangan tertulis, Selasa (13/02/2024).

Baca juga: Israel Blokir Ratusan Truk Bantuan Gaza, Dijadikan Imbalan Pembebasan Sandera!

Dalam sambutannya, Laksamana Pertama TNI, Sumarji Bimoaji Dansatgas Port Visit Mesir 2024, menyampaikan bantuan kemanusiaan ini adalah bentuk kepedulian pemerintah dan rakyat Indonesia. “Diharapkan bantuan ini dapat membantu dan meringankan para korban konflik Gaza,” ujarnya.

Adapun pelayaran kapal tersebut menempuh rute Jakarta–Belawan–Al Arisi–Jeddah-Batam dan kembali lagi ke Jakarta. Total waktu dari pelayaran hingga kembali ke Tanah Air diperkirakan membutuhkan waktu sekitar 52 hari.

Sebelumnya, Menteri Pertahanan RI Prabowo Subianto didampingi dengan KSAL Laksamana TNI telah melepas keberangkatan kapal KRI dr Radjiman Wedyodiningrat-992 tersebut dari Dermaga Markas Komando Lintas Laut Militer, Jakarta pada Kamis (18/01/2024) lalu.

Juru bicara Kemlu RI, Lalu Muhammad Iqbal sebelumnya juga mengatakan KRI dr Rajiman Wedyoningrat-992 mengantar bantuan kemanusiaan sebanyak 220 ton ke Gaza. “Ini adalah kelanjutan dari pengiriman bantuan melalui 2 misi Udara sebelumnya,” tutur Iqbal.

Baca juga: Kapal TNI AL Kirimkan Bantuan Kemanusiaan Indonesia untuk Gaza!

Sumber: tribunnews.com

[post-views]
Selaras
error: Content is protected !!