Media Berkemajuan

17 April 2024, 21:04

Aksi Pungut Sampah Warnai Jalan Sehat

Facebook
Twitter
LinkedIn
WhatsApp
Telegram
Print
Panitia Pengumpulan Sampah [Foto: Mu4.co.id]

Banjarmasin, mu4.co.id – Aksi pungut sampah warnai jalan sehat, Sabtu (5/11/2022). Ada 15 titik pengumpulan sampah. Tiap titik disediakan 2-3 karung sampah oleh panitia.

Untuk mempermudah pemilahan sampah, panitia sudah menempelkan keterangan contoh jenis sampah yang termasuk bisa didaur ulang dan tidak. Masyarakat tinggal memasukkannya sesuai catatan.

Keterangan Pada Karung Sampah [Foto: Mu4.co.id]

Tampak botol bekas minuman, plastik, dan daun kering memenuhi karung sampah berbeda. Satu karung khusus sampah daur ulang, sedangkan satunya untuk sampah yang tidak bisa didaur ulang. Kemudian karung tersebut akan dikumpulkan di bank sampah masjid Al-Jihad.

“Akan ada truk sampah yang mengangkut. Kami sudah kerja sama dengan Dinas Lingkungan Hidup kota Banjarmasin,” ujar Syahriadi Ilmi, ketua panitia jalan sehat.

“Yang bertugas pada hari ini untuk pengumpulan sampahnya dari kami SMK Muhammadiyah 2 Banjarmasin,” ucap Miftahul Ghani, salah satu panitia pengumpulan sampah.

Hasil Pemungutan Sampah [Foto: Mu4.co.id]

Hasil pemungutan saat jalan sehat tersebut memperoleh kurang lebih 500kg sampah, dengan komposisi jenis plastik paling banyak, yaitu 70% (350 kg). Sisanya 30% adalah sampah non plastik.

[post-views]
Selaras
error: Content is protected !!